Ini Berbagai Senjata yang Dikuasi Napi Teroris Saat Berontak di Rutan Mako Brimob

  • 2018-05-10
  • Editor :junaedi
  • dibaca :3968
Ini Berbagai Senjata yang Dikuasi Napi Teroris Saat Berontak di Rutan Mako Brimob Puluhan senjata api yang disita dari tahanan teroris di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat (ist)

JAKARTA-Pasca-penanganan aksi teroris di Rutan Mako Brimob , bukan saja 155 narapidana telah menyerahkan diri tanpa syarat. Puluhan senjata api ditemukan berserakan di dalam sel tahanan. Ini menjadi bukti perlawanan napi kepada aparat.

Senjata beragam jenis itu mulai dari laras panjang dan juga pistol.  bahkan ada juga busur dan anak panah yang ditemukan petugas dari hasil penyerbuan. Senjata itu semuanya diambil saat terjadi kerusuhan sejak Selasa (8/5) malam.

"Banyak senjata organik militer, tapi hasil sitaan aparat kepolisian dari operasi lawan teroris sebelumnya," kata Menkopolhukam Wiranto di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Kamis (10/5).

Senjata-senjata tersebut adalah sitaan yang disimpan di ruang penyimpanan barang bukti kompleks rumah tahanan.

Sedangkan Wakapolri Komjen Syafruddin menjelaskan, alasan itulah menjadi  pertimbangan aparat mensterilkan lokasi dari masyarakat maupun awak media saat terjadinya aksi. Para napi teroris ketika itu memegang senjata laras panjang dengan daya tembak sampai 500 meter.

"Karena penyandera memiliki senjata yang dirampas dari anggota polri yang terbunuh, ada laras panjang yang jarak tembak 500 meter. Bisa sampai ke jalan. Karena situasi sengat tidak aman," ujar Komjen Syafruddin di tempat sama.


 

Berita Terkait

Baca Juga