Kapolri Sebut Terduga Teroris yang Ditangkap di Singosari, Ketua JAD Jawa Timur

  • 2018-05-16
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1575
Kapolri Sebut Terduga Teroris yang Ditangkap di Singosari, Ketua JAD Jawa Timur Rumah kontrakannya di Perum Banjararum Asri, Dusun Tanjung Singosari, Kabupaten Malang inilah, Syamsul Arifin alias Abu Umar, ditangkap..

JAKARTA- Kapolri Jenderal Tito Karnavian memastikan seorang terduga teroris yang ditangkap di Malang adalah Ketua Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Jawa Timur, Abu Umar. Penangkapan itu terjadi Selasa (15/5) dini hari.

"Ketua JAD Jatim sudah kami tangkap di Malang, saya sudah dapat informasinya. Nama inisialnya AU," ujar Tito.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Jawa Timur Komisaris Frans Barung Mangera menambahkan AU adalah Abu Umar alias Samsul Arif, 37. Ia ditangkap bersama istrinya Wahyu Mega Wijayanti, 40, di sebuah rumah kontrakan di Singosari, Malang.


"Saat ini kedua terduga teroris masih diamankan oleh tim Densus 88," katanya.

Kapolda Jawa Timur Inspektur Jenderal Mahfud Arifin sebelumnya menyatakan polisi sedang mengejar seseorang bernama Abu Bakar. Dia adalah guru bagi Dita Oepriarto, terduga pelaku bom gereja Surabaya.


"(Ustaz Abu Bakar) gurunya Dita itu, tapi masih dalam pengejaran di lapangan. Ada dua dalam pengejaran teman-teman di lapangan," kata Machfud di Mapolda Jawa Timur, Selasa (15/5).


Machfud enggan merinci lebih lanjut identitas, peran maupun keberadaan Abu Bakar karena masih dalam proses penyelidikan. Namun, dia mengatakan Dita dan terduga pelaku bom di Rusunawa Wonocolo Sidoarjo, Anton Ferdiantono saling berkaitan. Dia berharap kepolisian bisa segera menangkap Abu Bakar.


Frans menambahkan selain menangkap Abu Umar dan istrinya, Densus juga menangkap total 14 terduga teroris hidup-hidup dan menembak mati tiga terduga teroris yang melawan petugas.


Penangkapan keempat belas terduga teroris dilakukan sejak Senin dan Selasa kemarin. Pada Senin (14/5) Densus 88 menangkap Rizki Ardian Sulanjana di Graha Pena, Abdullah Mashuri, Miftahul Munif di jembatan Suramadu, Boy Arfianzah di Lebak Rejo.

Kemudian ada Agus Satrio Widodo, Damayanti (istri Agus Widodo) dan Bety Rinawati Brojo yang ditangkap di rumah kontrakan bersama Ilham Fauzan yang tewas ditembak.


Pada Selasa (15/5) Densus 88 Antiteror menangkap Abdul Kahfi di Pandaan,

Berita Terkait

Baca Juga