Ini Peringkat Ujian Nasional SD di Kota Malang

Ini Peringkat Ujian Nasional SD di Kota Malang

MALANG–Pengumuman hasil Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat SD baru Senin (4/6). Namun informasi peringkat terbaik berdasarkan nilai rata-rata sekolah sudah beredar. 

Di kota Malang, tahun ini SD Unggulan Al-Ya’lu kembali mencatatkan siswanya meraih rata-rata terbaik. 

Rincinya, lima besar peraih nilai rata-rata tertinggi secara berurutan yakni SD Unggulan Al-Ya’lu dengan perolehan nilai total 260.5, SDN Model Kota Malang total nilai 240.48, SDN Madyopuro 1 total nilai 238.01, SD Insan Amanah total nilai 238.01, dan SDN Kauman 1 total nilai 237.76. 

Nilai itu diperoleh dari tiga mata pelajaran yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA.

Sementara Kepala SD Unggulan Al-Ya’lu, Purnomosidi, merasa bersyukur atas prestasi yang diraih anak didiknya. Apa yang didapatkan saat ini tidak lepas dari dukungan banyak pihak seperti orang tua, guru, dan jajaran Dinas Pendidikan Kota Malang. 

“Alhamdulillah SD Unggulan Al-Ya’lu tahun 2018 telah meluluskan 10 angkatan dan selalu meraih rata-rata tertinggi di Kota Malang,“ ujar Purnomo, sapaan akrabnya.

Menurutnya, dari hasil USBN tahun ini ada beberapa hal yang perlu dievaluasi. Yaitu adanya soal uraian. Di mana tipe soal tersebut tidak cocok untuk ujian akhir dengan berbagai pertimbangan. 

Faktor subjektivitas korektor lantaran jawaban tersebut dikoreksi oleh guru dan masing-masing guru memiliki persepsi berbeda-beda.

Soal uraian, katanya, cocok untuk tes ulangan harian dan ujian akhir semester. Dari hasil tersebut guru bisa mengevaluasi pemahaman siswa dan melakukan langkah-langkah perbaikan pembelajaran. Di sisi lain hasil pengerjaan soal uraian tidak bisa mengukur pemahaman siswa karena hasilnya cenderung jelek.(mg7/ary)
 

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga