Begini Rekayasa Lalin Antisipasi Kemacetan di Pertigaan Sumber Wuni dan Karangplo

  • 2018-06-12penulis : Agung Priyo
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1248
Begini Rekayasa Lalin Antisipasi Kemacetan di Pertigaan Sumber Wuni dan Karangplo Exit tol Mapan Karanglo Malang yang menjadi perhatian Kepolisian untuk melakukan rekayasa lalu lintas jika terjadi kepadatan.(dicky)

MALANG-Kepolisian Resort Malang mempersiapkan rekayasa lalu lintas di Lawang - Singosari dan khusus exit tol Mapan fungsional Karanglo, Kabupaten Malang. Ini jika terjadi kepadatan lalu lintas.

Menurut KBO Satlantas Polres Malang, Iptu Edi Purnama, rekayasa itu akan diterapkan di Lawang dan pertingaan Karanglo. Rekayasan ini dengan melihat kondisi di lapangan dan akan memprioritaskan kendaraan yang terpadat.

Di Lawang, rekayasanya, hapir di sepanjang jalan di daerah ini tidak diperbolehkan putar balik. Putar balik untuk kendaraan yang datang dari arah Selatan atau Malang, hanya ada di bawah fly over Lawang.

Demian halnya yang dari arah

Utara atau Surabaya. Semua kendaraan roda empat jika terjadi kepadatan di jalan nasional atau arteri, dialihkan lewat jalan tol fungsional. Jalan ini masuk dari Sumber Wuni.

Rekayasa lainnya adalah khusus di exit tol fungsional Mapan. Tepatnya di pertigaan Karanglo. Saat ini, kendaraan yang akan ke Kota Batu dari arah Surabaya, masih harus putar balik di depan CV Unggul atau Pabrik Bentoel.

"Kalau memang terjadi kepadatan kendaraan ketika puncak mudik nanti, maka pintu keluar tol yang menuju ke Kota Batu akan kami buka. Sebelumnya kami tutup karena untuk menghindari kecelakaan," jelasnya. 

Ketika dibuka itupun, lanjut Edi, pengaturan kendaraan harus dilakukan manual. Lampu traffic light akan dinonfungsikan sementara. Sehingga akan ada petugas khusus yang bergantian mengatur kendaraan. 

"Kalau pengaturan dengan menggunakan traffic light, khawatir justru terjadi kecelakaan. Karena kendaraan dari arah utara, terus melaju meskipun lampu merah menyala," terangnya. 

"Tetapi nanti melihat situasi kondisi di lapangan. Jika memang padat akan kami buka. Namun jika landai saja tetap menggunakan jalur semula, yakni semua kendaraan yang lewat tol diarahkan ke Kota Malang," sambungnya. 

Begitu juga dengan jalur masuk pintu tol seksi 3 di Sumber Wuni Lawang. Mulai kemarin ada kendala kepadatan arus, karena putar balik u-turn depan Sumber Wuni masih difungsikan. Nantinya ketika puncak arus mudik, beberapa arah putar balik akan ditutup. 

"Nantinya ketika jalur padat, kendaraan dari arah Malang yang mau ke Sumber Wuni, harus putar balik di bawah fly over lawang. Karena jalur putar balik akan kami tutup. Begitu juga dengan kendaraan yang dari Sumber Wuni, harus putar balik di Bedali," bebernya. 

Sedangkan untuk arus balik, Edi mengaku akan melihat situasional kendaraan di lapangan. Namun kemungkinan, semua kendaraan yang menuju arah Surabaya akan dilewatkan jalur arteleri. Tidak ada kendaraan

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga