Rumah Sakit, Poliklinik, Puskesmas dan BPJS di Malang Tetap Buka di Libur Lebaran

Rumah Sakit, Poliklinik, Puskesmas dan BPJS di Malang Tetap Buka di Libur Lebaran ilustrasi malang post

MALANG - Layanan poliklinik dan rumah sakit pemerintah, RSSA dan RSUD Kota Malang tetap buka libur selama cuti bersama Lebaran. Semua penanganan pasien dipusatkan di Instalasi Gawat Darurat (IGD). Begitu juga dengan layanan pasien yang menggunakan BPJS tetap berjalan seperti biasa.

Di Malang Raya, warga bisa mengandalkan sejumlah fasilitas kesehatan (faskes) BPJS Kesehatan. Di antaranya Puskesmas. Sebab layanan kesehatan milik pemda itu tetap beroperasi selama libur panjang.  (lihat grafis). 

Direktur RSSA, dr Restu Kurnia Tajahjani M.Kes mengatakan, pelayanan dimaksimalkan di IGD. “Entry pointnya dari IGD.  Di situ kami siapkan semacam poliklinik. Selanjutnya akan ditangani oleh spesialis yang sesuai,” jelas dr. Restu Kurnia.

Namun, kata Restu, layanan rawat inap dan hemodialisa tetap beroperasi seperti biasa. Selama libur Lebaran, lanjutnya, pasien BPJS Kesehatan tetap terlayani. Layanan tersebut diberikan di IGD.  

Hal sama juga berlaku di pelayanan poliklinik RSUD Kota Malang dan Rumah Sakit Universitas Brawijaya (RSUB) yang tidak beroperasi mulai 11- 20 Juni. Namun pelayanan unit gawat darurat (UGD) di dua rumah sakit tersebut tetap beroperasi selama 24 jam. 

“Selama libur Lebaran, UGD melayani jenis penyakit apapun. Karena memang poli tidak beroperasi,” ungkap Humas RSUD Kota Malang, Nina Candra Dewi.

Nina mengatakan, ada tiga dokter dan empat perawat yang disiagakan pada setiap shift. 

“Untuk yang jaga terbagi dalam tiga shift. Pagi, sore, malam. Jumlah dokter dan perawat itu termasuk dokter PNS maupun non PNS. Namun juga tetap diback up oleh pekarya kesehatan,” ungkapnya. 

Sementara itu, semua pelayanan di beberapa rumah sakit beroperasi maksimal walau tidak dalam kondisi normal. Humas Rumah Sakit Lavalette Rika Umi Palupi mengatakan, beberapa dokter

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga