Setelah Prancis, Swedia Juga 'Dimenangkan' VAR

  • 2018-06-18
  • Editor :junaedi
  • dibaca :2820
Setelah Prancis, Swedia Juga 'Dimenangkan'  VAR Home Olahraga Berita Sepakbola Swedia Kalahkan Korea Selatan Lewat Gol Penalti Jun Mahares, CNN Indonesia | Senin, 18/06/2018 20:55 WIB Bagikan : Swedia Kalahkan Korea Selatan Lewat Gol Penalti Swedia meraih kemenangan 1-0 atas Korea Selatan lewat eksekusi penalti. (dok.reuters)

NOVGOROD- Teknologi Video Assistant Referee (VAR) kembali menjadi penentu kemenangan. Timnas Swedia meraih kemenangan 1-0 pada babak penyisihan Grup F Piala Dunia 2018, atas Korea Selatan (Korsel) di Stadion Nizhny Novgorod, Senin (18/6).

Sebelumnya yang diuntungkan dengan teknologi ini adalah Prancis yang menang 2-0 atas Australia.

Swedia yang harus bekerja keras meraih poin penuh di laga perdananya, diuntungkan dengan teknologi VAR. Tim Skandinavia ini menang  lewat hadiah penalti setelah wasit memeriksa AVR.

Andreas Granqvist pun sukses mengkonversikan hadiah penalti itu menjadi gol kemenangan di babak kedua.

Korsel sebenarnya mampu memberikan perlawanan sengit di sepanjang babak pertama. Skuat Shin Tae-Yong bahkan mampu menghadirkan sederet peluang berbahaya ke lini pertahanan Swedia.

Peluang pertama Korsel tercipta di menit kelima. Son Heung-Min berhasil menerobos dari sisi sayap dan mengirimkan umpan silang ke kotak penalti. Kim Young-Gwon menyambar dengan sundulan, namun bola masih melenceng.

Swedia berbalik menekan dan nyaris membuka keunggulan di menit ke-21 lewat aksi Marcus Berg. Mendapat bola di dalam kotak penalti dan tinggal berhadapan dengan kiper Cho Hyun-woo, namun tembakan kaki kiri Berg masih bisa diblok kaki Hyun-Woo.

Petaka bagi Korsel terjadi di menit ke-65. Kim Min-woo menjatuhkan Victor Claesson di kotak terlarang. Wasit memutuskan penalti setelah melihat VAR.

Sebelum itu, wasit sempat menyatakan play on setelah terjadi pelanggaran itu. Namun karena pemain Swedia memprotes, akhirnya wasit menghentikan laga dan menyaksikan hasir rekaman VAR. Laga pun diteruskan dengan memberikan hadiah penalti kepada Swedia.

Andreas Granqvist yang maju sebagai algojo berhasil menunaikan tugasnya dengan sempurna. Tembakannya ke arah kanan gawang sukses mengecoh Cho Hyun-Woo yang bergerak ke arah berlawanan.

Korsel berupaya keras untuk

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga