Tuntaskan Dendam, Jepang Ukir Sejarah Baru

  • 2018-06-19
  • Editor :junaedi
  • dibaca :997
Tuntaskan Dendam, Jepang Ukir Sejarah Baru Kegembiraan pemain Jepang usai mencetak gol ke gawang Kolombia di ajang Piala Dunia 2018.(dok.reuters)

MOSKOW- Diwarnai kartu merah, Timnas Jepang berhasil melampiaskan dendamnya kepada Kolombia di laga penyisihan Grup H Piala Dunia 2018 di Mordovia Arena, Selasa (19/6). Jepang unggul 2-1 yang sekaligus membalas atas kekalahannya di ajang yang sama 2014 lalu.

Kemenangan Jepang itu sekaligus menjadi sejarah baru di mana Jepang  menjadi tim Asia pertama yang berhasil mengalahkan wakil Amerika Latin di pentas Piala Dunia.

Pertandingan itu berlangsung sengit di babak pertama. Meski harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ketiga, Kolombia justru mampu mencecar pertahanan Jepang.

Jepang lebih dulu mencetak gol di menit tiga lewat eksekusi penalti Shinji Kagawa. Gol itu kemudian mampu disamakan Kolombia melalui tendangan bebas Juan Quintero di menit ke-39.

Gol penentu kemenangan tim Samurai Biru tercipta Osako di menit ke-73. Jepang pun unggul 2-1.

Sebenarnya, hilangnya  Carlos Sanchez yang 'diusir' wasit karena dianggap menahan bola dengan tangan di kotak penalti, tidak membuat serangan Kolombia mengenndor.

Sebaliknya, Kolombia seperti tidak berkurang pemainnya.  Bermain dengan 10 pemain, Kolombia justru mampu mendominasi serangan di babak pertama. Sayang sederet peluang dari Juan Cuadrado dan Radamel Falcao gagal berbuah gol.

Kerja keras Kolombia baru membuahkan hasil di menit ke-39. Tendangan bebas Quintero tak mampu diantisipasi sempurna oleh Eiji Kawashima. Meski sempat diblok, namun bola sudah melewati garis gawang.

Jepang yang unggul pemain berbalik mendominasi permainan di babak kedua. Skuat arahan Akira Nishiro praktis membuat Kolombia sibuk bertahan.

Ospina yang bermain gemilang, berhasil menggagalkan sepakan Yuya Osako dan Takashi Inui masing-masing di menit ke-54 dan 57. Namun, kiper Arsenal itu tak sanggup membendung sundulan keras Osako di menit ke-73. Jepang pun unggul

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga