WNI Rayakan Fete de Korite di Dakar

  • 2018-06-21
  • Editor :husnun
  • dibaca :1394
WNI Rayakan Fete de Korite di Dakar WNI di Sinegal usai Halal Bihalal di KBRI Dakar

Meski berada di perantauan dengan jarak beribu-ribu mil jauhnya dari tanah kelahiran, tidak mengecilkan semangat para ABK (Anak Buah Kapal) dan masyarakat Indonesia di Dakar untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama-sama. Mereka justru memanfaatkan momen Idul Fitri yang paling ditunggu-tunggu dengan berkumpul dan saling bersilaturahim bersama saudara seperantauan.

Seluruh masyarakat Indonesia yang terdiri dari keluarga besar KBRI Dakar, para ABK yang sedang bersandar di pelabuhan Dakar, WNI yang menetap dan bekerja di Dakar, serta warga Senegal berkumpul di Wisma Duta untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama dengan penuh suka cita.

Perayaan Idul Fitri di Senegal atau dalam bahasa lokal disebut “Féte de Korité" atau "Korité" memang agak berbeda dengan di Indonesia. Umumnya, di Senegal perayaan Korite tidak semeriah perayaan Idul Adha atau “Tabaski”. Budaya pulang kampung pun biasanya dilakukan sewaktu perayaan Tabaski

Acara halal bi halal berlangsung sangat hangat dalam suasana lebaran dan kekeluargaan layaknya di tanah air. Tidak ketinggalan penganan khas Idul Fitri seperti lontong sayur buncis, rendang, opor ayam, balado udang kentang, ikan pesmol, tauco tahu udang, sate ayam, serta kudapan seperti pastel, risoles, kue putu ayu, bakwan, lapis Surabaya, bika ambon, lemper ayam, es kacang merah dan es yogurt, sengaja dihadirkan secara khusus oleh Ibu-Ibu Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Dakar untuk mengobati rasa rindu dengan tanah air.

Mashud (37), satu-satunya ABK asal Cirebon yang hadir, mengatakan sangat bersyukur bisa berkumpul dengan teman-teman ABK dari kapal lainnya dan masyarakat Indonesia yang ada di Senegal. “Kebetulan kapal lagi rusak pak, masih dicat di pelabuhan, syukur Alhamdulillah jadinya kita bisa mampir ke KBRI,” ujar Mashud.

Mashud menghabiskan waktu hingga sore hari di Wisma Duta sekedar melepas jenuh dari kerasnya kehidupan di lautan, sehingga momen ini Ia manfaatkan untuk saling berbagi cerita dan bercanda tawa dengan para ABK dari

Berita Terkait

Baca Juga