Presiden Jokowi Umumkan Pemangkasan Pajak Penghasilan UMKM

  • 2018-06-22
  • Editor :junaedi
  • dibaca :693
Presiden Jokowi Umumkan Pemangkasan Pajak Penghasilan UMKM Presiden RI Joko Widodo. (dok.cnn-indonesia)

JAKARTA-Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan pemangkasan Pajak Penghasilan (PPh) final usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Pengumuman itu disampaikan dalam kunjungan kerjanya di Surabaya, Jawa Timur, hari ini, Jumat (22/6).

Sebelumnya, Jokowi mengaku akan memangkas PPh final UMKM dari semula 1 persen menjadi 0,5 persen. Hal ini dilakukan seiring banyaknya keluhan UMKM terhadap Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2013 tentang Pajak UMKM bersifat final sebesar 1 persen yang berlaku bagi UMKM dengan omzet maksimal Rp4,8 miliar setahun.

Presiden yang didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak ke Jawa Timur untuk melakukan serangkaian kunjungan kerja hari ini. Dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kepala Negara tiba di Bandara Internasional Juanda, Kabupaten Sidoarjo Jumat (22/6) pagi. 

"Petang harinya, Presiden akan menuju Bandara Juanda untuk melanjutkan perjalanan ke Bali, dan dijadwalkan tiba malam hari," demikian dikutip dalam keterangan tertulis Sekretariat Presiden, Jumat (22/6).

Dalam kunjungan kerja itu Presiden juga didampingi Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi dan Komandan Paspampres Mayjen TNI (Mar) Suhartono.

Dalam membenahi sektor keuangan dari sektor riil itu Presiden juga dijadwalkan akan meresmikan proyek infrastruktur Jalan Tol Gempol-Pasuruan seksi II pada sore hari. 

Dalam situs Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) disebutkan, rangkaian jalan Tol Gempol-Pasuruan tercatat sepanjang 34,15 km yang membentang dari Bundaran Gempol sampai Kecamatan Grati dan akan menghubungkan Surabaya dengan Pasuruan. Total investasi diketahui Rp2,76 triliun.
 

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga