Inilah Kabar Baik bagi Para Admin Grup Facebook

  • 2018-06-22
  • Editor :junaedi
  • dibaca :580
Inilah Kabar Baik bagi Para Admin Grup Facebook ilustrasi.(ist)

JAKARTA- Ini kabar menyenangkan dari aplikasi sosial media Facebook. Setelah mengumumkan akan membuat pundi-pundi para pembuat konten video makin berat, Facebook kini menyebut akan memperbolehkan para admin grup untuk memperoleh pendapatan. 

Jadi, jika Anda membuat grup di Facebook, Anda bisa menerapkan bayaran untuk orang-orang yang ingin bergabung dengan grup. Asyik kan?!

Facebook menyebut jumlah bayaran yang bisa diterapkan berkisar Rp70ribu (USD4,99) hingga Rp430 ribu (USD29,99) per bulan. Biaya ini adalah biaya keanggotaan eksklusif.

Mekanisme monetisasi ini disebutkan Facebook sebagai kompensasi bagi admin yang telah menginvestasikan waktu dan energi mereka untuk mengurus grup tersebut. 

"Hari ini kami menguji coba layanan berlangganan di sejumlah kecil grup agar para admin bisa terus memberi dukungan pada grup tersebut dan memimpin komunitas ini," Tulis Facebook di blog resminya. 

Namun, Facebook baru akan menerapkan kebijakan ini untuk grup yang berkaitan dengan pengasuhan anak, memasak, dan grup terkait menata rumah. 

Sebagai contoh, seorang blogger lifestyle, Sarah Mueller membuat grup Facebook Organize My Home (mengorganisasikan rumah saya) dengan biaya Rp212 ribu (USD14,99) per bulan. 

Grup lain yang berkaitan dengan penerimaan kuliah menerapkan biaya USD29,99 agar anggota grup itu bisa berhubungan dengan para penasihat di dalam grup terkait perguruan tinggi. 

Sebelumnya, Facebook tak pernah menerapkan skema bayaran untuk grup yang dibuat di platformnya. Dengan adanya skema pembayaran ini bisa jadi meningkatkan rasa eksklusivitas pada anggota grup tertentu, tapi di sisi lain bisa jadi malah mengundang keengganan dari pengguna. 

Meski demikian, Facebook menulis bahwa dengan adanya grup berbayar ini para admin bisa memperoleh pendapatan dan membuat konten grup yang lebih baik, lebih banyak video, bahkan mengadakan kopi darat,

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga