Fenomena Salju di Pegunungan Dieng

  • 2018-07-07
  • Editor :sariglok
  • dibaca :7917
Fenomena Salju di Pegunungan Dieng ilustrasi Salju di Pegunungan Dieng

JAKARTA - Fenomena langka terjadi di Pegunungan Dieng, Jawa Tengah. Embun es atau salju tampak turun di kawasan tersebut. Pekarangan dan perkebunan warga di daerah dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah ini, tampak diselimuti hamparan yang berwarna putih seperti salju. Suhu udara dingin di pegunungan Dieng, diperkirakan mencapai minus 5 derajat celsius.


"Kalau orang sini bilangnya Bun Upas atau embun yang membeku. Jadi, sejauh mata memandang itu ya berwarna putih, embun-embun yang berubah menjadi es menutupi seluruh tanaman dan daun pepohonan," ujar Imron Rosyadi, warga lereng Pegunungan Dieng, Jumat (6/7/2018).
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas, Sutopo Purwo Nugroho ikut mengabarkan fenomena tersebut. Dalam akun media sosial pribadinya, Sutopo mengungkapkan bahwa embun es menutup permukaan tanah dan pertanian di Pegunungan Dieng.
"Embun es menutup permukaan tanah dan lahan pertanian di Pegunungan Dieng. Fenomena dinginnya cuaca saat ini adalah normal saat kemarau. Cuaca cerah siang hari menyebabkan potensi terjadinya hujan menjadi minim. Angin dominan dari Australia bersifat kering," tulis Sutopo sebagaiman dikutip Okezone, Jumat (6/7/2018).


Kabag Humas Badan Meteologi, Kalimatologi dan Geofisika (BMKG) Hary Tirto Djatmiko menjelaskan, kejadian di Dieng adalah fenomena aphelion, yaitu fenomena alamiah yang biasa terjadi di bulan-bulan puncak musim kemarau. Biasanya, udara terasa dingin sehingga membuat embun membeku dan tampak seperti salju.
"Fenomena suhu dingin di malam hari dan embun beku di lereng Pegunungan Dieng lebih disebabkan kondisi meteorologis dan musim kemarau yang saat ini tengah berlangsung," kata Hary , Sabtu (7/7/2018).


Fenomena itu terjadi pada puncak kemarau, panas matahari akan lebih banyak

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga