Jalur Mandiri UM Esok Ditutup, Ada Pilihan Vokasi

Jalur Mandiri UM Esok Ditutup, Ada Pilihan Vokasi Calon mahasiswa saat mengikuti SBMPTN beberapa waktu lalu.(ipunk)

MALANG - Pendaftaran Jalur mandiri Universitasa Malang (UM) melalui proses seleksi online, esok akan ditutup. Persaingannya pun cukup ketat hingga Senin (9/7) sudah tercatat 4.206 orang. Padahal kuota yang akan diterima  2.607.

Meski begitu, UM memberika kemudahan dalam calon mahasiswa baru (Camaba) memperbolehkan pendaftar memilih tiga prodi yang terdiri dari dua prodi di jenjang sarjana dan satu prodi di vokasi.

"Persaingan memang ketat untuk masuk perguruan tinggi. Jika secara nasional perbandingan pendaftar dan diterima sekitar 5:1, begitu juga dengan kami,' kata Wakil Rektor 1 UM, Prof Budi Eko, Senin (9/7). 

Tetapi lanjut dia, setiap prodi bisa berbeda beda. Bahkan ada rasio pelamar dengan yang diterima 100:2.

Sedangkan di UM, beber Budi, UM tahun ini menyiapkan kursi 6.519 maba. Prodi yang tidak mensyaratkan ujian keterampilan dapat dipilih oleh semua peserta pada jalur mandiri. 

"Strategi yang tepat bagi pendaftar jalur mandiri salah satunya dengan memilih pilihan kedua atau ketiga untuk prodi-prodi D3 jurusan Vokasi," tandasnya.

UM membuka jalur vokasi sebagai salah satu alternatif pilihan  pada jalur mandiri. Itu dimaksudkan agar pendaftar memiliki lebih banyak kesempatan bergabung dengan UM.

Tahun ini, pendidikan vokasi UM, total 11 prodi. Mulai dari Fakultas Teknik yang memiliki tujuh program studi jenjang D3. Meliputi teknik mesin, mesin otomotif, teknik elektro, teknik elektronika, tata busana, tata boga, teknik sipil dan bangunan. 

Di Fakultas Ekonomi, terdapat dua prodi jenjang D3 yaitu akuntansi, dan managemen pemasaran. 

Sementara di Fakultas Sastra juga memiliki dua prodi jenjang D3 yaitu game animasi dan perpustakaan.

"Saat ini ada enam prodi favorit yang diminati pendaftar, animasi, akuntansi, teknik mesin, teknik  elektro, dan tata boga serta tata busana," kata Ketua Jurusan Vokasi UM, Dr Yoto ST MPd MM.

Yoto membeberkan, pendidikan vokasi, jalur mandiri prestasi sebelumnya telah dibuka Mei lalu. Dilanjutkan gelombang dua lewat seleksi jalur mandiri melalui

Berita Terkait

Baca Juga