Tiga dari Tujuh Komplotan Kejahatan dengan Modus Ban Gembos Ditembak

  • 2018-07-10 penulis : Fino
  • Editor :junaedi
  • dibaca :846
Tiga dari Tujuh Komplotan Kejahatan dengan Modus Ban Gembos Ditembak Tiga tersangka pelaku spesialis gembos ban, cukit jok dan perampasan yang digelandang dengan kursi roda, di Polres Makota.(ipunk)

MALANG –Tim Hunter Satreskrim Polres Malang Kota (Makota), bersama Jatanras Polda Jatim, berhasil mengungkap komplotan pelaku kejahatan pencurian spesialis gembos ban, cukit jok motor dan perampasan.

“Hunter Makota, bersama Jatanras Polda Jatim, mengungkap kejahatan gembos ban dan cukit jok motor yang meresahkan warga. Tiga tersangka, tertangkap pada 6 Juli 2018 lalu. Mereka kami lumpuhkan karena melawan saat ditangkap,'' kata Kapolres Makota, AKBP Asfuri kepada  wartawan, Selasa (10/7).

Disebutkan , modus kejahatan komplotan ini cukup cerdik. Mereka bergerak dalam kelompok, sejumlah tujuh orang. Peran mereka berbeda-beda. Ada yang menjadi pengawas, ada yang menjadi eksekutor.  

Biasanya mereka menguntit calon korbannya dari Bank.  Selanjutnya, mereka menebar paku di jalan. Saat ban korbannya kepis, mereka pun beraksi.

Terakhir mereka menyasar korbannya Agus S, 57, warga Sawojajar, Kota Malang.  Korban saat itu baru saja mengambil uang dari Bank BRI Kawi, 5 Juli 2018 lalu.  Dengan berkendara sepeda motor, korban usai mengambil uang itu, ditaruhnya di bawah jok motor.

Namun kawanan penjahat itu mengetahuinya. Korban diikuti sampai di rumahnya di Sawojajar. Saat korban lengah, dua dari ketujuh pelaku cukit jok motor. Mereka mengangkat motor, lalu membuka paksa jok. Uang di dalam jok diambil lalu para pelaku kabur. 

Korban yang mengetahui uangnya raib, segera melapor ke polisi. Sehari setelah laporan masuk, polisi membekuk tiga pelaku di sebuah rumah kontrakan di kawasan Malang.  Namun dalam penyergapan itu empat orang komplotanya kabur. 

Hasil pemeriksaannya, mereka mengakui pencurian modus mereka sebenarnya denan cara gembos ban. Itu yang dilakukan saat memperdayai korbannya di Jalan Danau Maninjau dan Jalan Sukarno Hatta, pada Juni dan April 2018 lalu. 

Selain

KOMENTAR ANDA

Berita Terkait

Baca Juga