Raih Tiket ke Final, Inilah Fakta Kemenangan Kroasia atas Timnas Inggris

  • 2018-07-12
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1830
Raih Tiket ke Final, Inilah Fakta Kemenangan Kroasia atas Timnas Inggris Timnas Kroasi rayakan kemenangan usai mengalahkan Inggris di babak semifinal Piala Dunia 2018.(ist)

MOSKOW-Secara mengejutkan Timnas Kroasia berhasil meraih tiket ke final Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan timnas Inggris dengan skor 2-1 di Stadion Luzhniki, Kamis (12/7) dini hari WIB.

Tertinggal lebih dulu lewat gol cepat Kieran Trippier pada menit ke-5, anak asuhan Zlatko Dalic ini  mampu membalikkan menjadi kemenangan dalam babak perpanjangan waktu.
 
Gol Kroasia tercipta menit ke-68 melalui Ivan Perisic dan gol penentu kemenangan dicetak Mario Mandzukic pada menit ke-109. 

Keberhasilan Kroasia meraih tiket ke final itu mengungkap sejumlah fakta menarik dalam laga itu.

1  Kiper Kroasia, Danijel Subasic, tak sekali pun melakukan penyelamatan pada laga melawan Inggris. Dari dua tendangan tepat sasaran Inggris, satu berbuah gol dan satu lagi disapu pemain bertahan.  

2 Inggris selalu tersisih dalam empat semifinal kompetisi antarnegara. Mereka kalah pada Piala Dunia 1970, Piala Dunia 1990, Piala Eropa 1996, dan Piala Dunia 1998. 

3 Tottenham Hotspur memiliki beberapa pemain yang berhasil mencetak total 12 gol pada Piala Dunia 2018. Jumlah itu melewati produktivitas pemain Barcelona yang berhasil mencetak 11 gol.

4  Gol Mario Mandzukic diciptakan ketika laga berjalan 108 menit lewat 3 detik. Itu adalah gol paling larut Kroasia sepanjang sejarah Piala Dunia sekaligus kebobolan paling larut bagi timnas Inggris. 

5 Kroasia adalah tim pertama yang memenangi semifinal Piala Dunia setelah kebobolan lebih dulu dalam 20 tahun terakhir. Tim terakhir yang melakukannya adalah Perancis pada Piala Dunia 1998 melawan Kroasia.

6 Kroasia menjadi tim keempat yang bertanding hingga babak tambahan pada tiga pertandingan dalam satu Piala Dunia.  Sebelumnya, Belgia (1986), Inggris (1990) dan Argentina (2014) mengalami hal serupa.
 

Berita Terkait

Baca Juga