BMKG Karangkates Menggelar Pengamatan Langsung Gerhana Bulan Total | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

BMKG Karangkates Menggelar Pengamatan Langsung Gerhana Bulan Total

  • 27-07-2018
  • Editor :goly
  • dibaca :18169
BMKG Karangkates Menggelar Pengamatan Langsung Gerhana Bulan Total Pengamatan Gerhana Bulan (Foto :Firman)

MALANG - BMKG Karangkates, Kabupaten Malang, menyiapkan pengamatan langsung gerhana bulan total yang terjadi 28 Juli 2018. Masyarakat bisa turut terlibat dan melihat fenomena alam dengan mendatangi BMKG Karangkates.
Durasi terjadinya gerhana bulan total diperkirakan lebih lama sepanjang sejarah. Kepala BMKG Karangkates, Musripan menyatakan, pengamatan digelar di halaman kantornya pada saat terjadinya gerhana bulan total nanti.
"Mengingat peristiwa GBT (gerhana bulan total) pada 28 Juli 2018 merupakan peristiwa langka dan terkait tugas pokok BMKG, maka BMKG Karangkates Malang akan melakukan pengamatan GBT 28 Juli 2018 di halaman kantor BMKG Karangkates atau langsung melalui https://www.bmkg.go.id/gbt," ungkap Musripan , Jumat (27/7/2018).

BACA JUGA : Ingin Melihat GBT, Ngaplo karena Langit Tertutup Awan dan Hujan
"GBT bakal terjadi selama 103 menit, dan ini merupakan yang terlama di Abad ini, hingga lebih dari 100 tahun ke depan. GBT yang akan datang dengan fase totalitas lebih lama adalah GBT pada 9 Juni 2123 nanti, mencapai 106 menit, sayangnya gerhana tersebut tidak teramati dari Indonesia. Adapun GBT dengan fase totalitas diamati dari Indonesia adalah GBT pada 19 Juni 2141 dengan durasi waktu 106 menit. GBT sebelumnya dengan totalitas lebih lama daripada GBT 28 Juli 2018 adalah GBT 16 Juli 2000, dengan fase totalitas mencapai 106 menit," beber Musripan.
Dia menjelaskan, gerhana bulan merupakan peristiwa terhalangnya cahaya matahari oleh bumi, sehingga cahaya tidak semuanya sampai ke bulan. Peristiwa ini terjadi akibat dinamisnya pergerakan posisi matahari, bumi, dan bulan yang hanya berlangsung saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.
"Ini merupakan gerhana bulan total terlama pada abad 21," jelas Musripan.
Proses gerhana bulan total pada 28 Juli 2018, dimulai ketika piringan bulan mulai memasuki penumbra bumi pada pukul 00.13 WIB. Setelah itu, kecerlangan Bulan lebih redup dibandingkan


BERITA TERKAIT