Keren, Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Brawijaya Berinovasi Membuat Sisir Anti Parasit | Berita Terbaru Hari ini

Close

Keren, Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Brawijaya Berinovasi Membuat Sisir Anti Parasit

Keren, Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Brawijaya Berinovasi Membuat Sisir Anti Parasit Muhammad Husni Mubarok, Galuh Purnawati, Safa Aisyah M, Ridha Avicena Ila S, dan Riza Aldiansyah pamer penghargaan dalam ajang World Young Inventor Exhibition 2018 di Malaysia

oil sebagai pengharum kulit hewannya,” beber Husni.
Tim terbagi menjadi dua yakni untuk membuat alat dan riset kesehatan. Bahan untuk sisir terdiri dari baterai 25 volt dan rangkaian listrik yang total biayanya mencapai Rp 200 ribu. Konsep sisir ini dirancang dari tahun lalu dengan konsep matang. Menurut Husni, tahapan yang sulit pada perancangan listriknya agar kulit hewan tidak tersetrum. Bahan yang paling mahal adalah bodi dan rangkaian listriknya.
“Keunggulan sisir listrik ini yakni dilengkapi lapisan isolator, sehingga tak membahayakan untuk kulit hewan dan rechargeable serta baterainya tahan satu tahun,” tungkasnya.
Setidaknya, dalam pencegahan infeksi ektoparasit ini, sisir dapat digunakan secara rutin tiga kali sehari. Berbicara soal produksi massal, Husni berpikir untuk mematenkan dulu produknya agar lebih mudah dan legal.
“Setelah dipatenkan, jika dapat kesempatan kami akan produksi massal dengan dikembangkan riset kedepan. Siapa tau dapat digunakan untuk manusia,” imbuh mahasiswa asli Banyuwangi ini. (ita)


BERITA TERKAIT

close