Bayi Lahir Tanpa Hidung dan Bermata Satu

  • 2018-09-14
  • Editor :goly
  • dibaca :10813
Bayi Lahir Tanpa Hidung dan Bermata Satu Bayi perempuan malang yang lahir dengan satu mata serta tanpa hidung

intensif. Setiap 15 menit sekali kondisi bayi itu dicek. "Jika kondisi umumnya sudah bagus, akan kita rujuk ke Medan," tandasnya.


Kelahiran bayi bermata satu juga pernah terjadi di Mesir tahun 2015 silam. Bayi tersebut lahir di sebuah rumah sakit swasta di sebelah timur laut kota El Senbellawein, di Mesir.
Ketika itu, dokter menyebut kondisi yang disebut sebagai cyclopia. Ini adalah kondisi medis tidak biasa yang dinamai dari kisah raksasa bermata satu dalam mitologi Yunani. Dinamakan cyclopia karena diambil dari mitos gembala raksasa pembangkang yang tinggal di Sisilia. Raksasa itu memiliki mata bulat tunggal yang besar di tengah dahi mereka. Cyclopia disebabkan oleh paparan radiasi di dalam rahim.


Cyclopia adalah salah satu bentuk cacat lahir yang paling langka. Bayi-bayi yang lahir dengan kondisi ini pada umumnya meninggal setelah lahir. Mata hanya satu dan tanpa hidung disebabkan oleh soket mata bayi yang tidak terbentuk dengan benar di dalam rahim.
Sebagian besar bayi dengan gangguan ini tidak bisa bertahan hidup. Selain bayi lahir bermata satu, mereka pun biasanya memiliki cacat berat lainnya, termasuk cacat jantung serius. (*)


Berita Terkait