Cara Cerdas Menghindari Musibah

Cara Cerdas Menghindari Musibah Husnun N Djuraid, Redaktur Senior Malang Post, Pendidik di UMM

Setelah berdakwah menyampaikan Islam dengan sembunyi-sembunyi, akhirnya Nabi Muhammad SAW diperintahkan oleh Allah untuk menyampaikan secara terang-terangan. Muncul penolakan yang hebat dari kaum Quraisy pada waktu itu. Bahkan mereka menganggap Nabi Muhammad sebagai tukang sihir, orang gila dan sebutan miring yang lain. Meskipun demikian, dakwah harus terus dilakukan sesuai perintah Allah.
Banyak tokoh Quraisy yang menantang Nabi Muhammad tentang kebenaran Islam. Bahkan ada yang minta, kalau Alquran itu memang benar datang dari sisi Allah, agar mereka dihujani batu dari langit dan siksaan yang hebat. Salah satu ciri dakwah Nabi Muhammad adalah tidak banyak melayani debat dan tantangan. Beliau hanya diam.


Saat itulah Allah menurunkan wahyu seperti yang tertera dalam surat Al Anfal 33. ‘’Dan Allah sekali-sekali tidak akan menurunkan azab sedangkan engkau bersama dengan mereka . Dan tidaklah pula Allah menurunkan azab selama mereka beristighfar.’’


Ada dua hal penting yang perlu menjadi bahan renungan.Ayat Alquran tetap relevan sampai akhir zaman. Allah tidak akan menurunkan azab selama Nabi Muhammad masih bersama dengan mereka. Dalam tarikh disebutkan, saat Nabi Muhammad diusir dan disiksa saat hijrah ke Thaif, malaikat Jibril mengatakan, ada dua malaikat yang siap mengangkat dua gunung untuk ditimpakan kepada masyarakat Thaif. Tapi, bantuan itu ditolak. Nabi Muhammad mengatakan, mereka melakukan itu karena tidak tahu. Selama Nabi masih bersama dengan umatnya, tidak ada azab yang diturunkan Allah.


Lantas bagaimana dengan kita yang hidup pada zaman sekarang ini ? Apalah bisa bebas dari azab ? Lanjutan ayat tersebut menyebutkan, Allah tidak akan menurunkan azab selama manusia beristighfar. Azab bisa ditimpakan di akhirat nanti, tapi juga bisa diturunkan di dunia, sesuai kehendak Allah. Berbagai musibah yang melanda umat manusia saat ini adalah bagian dari azab. Umat manusia di akhir zaman ini bisa menghindarkan

Berita Terkait