Dipenalti, Marquez Harus Rela Strat Urutan Tujuh di Sepang

  • 2018-11-03
  • Editor :junaedi
  • dibaca :10944
Dipenalti, Marquez Harus Rela Strat Urutan Tujuh di Sepang Pembalap Rapsol Honda, Marc Marquez harus rela turun enam tingkat pada posisi start pada MotoGP Malaysia 2018, Minggu (4/11)..(dok.reuters)

SEPANG- Pembalap Rapsol Honda, Marc Marquez harus rela turun enam tingkat pada posisi start pada MotoGP Malaysia 2018, Minggu (4/11). Menyusul hasil investigasi dari Federasi Motor Internasional (FIM) yang memberikan penalti kepadanya. 

Sebelumnya, Marquez memastikan meraih pole position pada kualifikasi Sabtu (3/11). Ia lebih cepat dari Johann Zarco dan Valentino Rossi yang meraih catatan waktu tercepat kedua dan ketiga.

Baby Alien sempat terjatuh di Tikungan 4 saat kualifikasi tinggal menyisakan 4 menit 78 detik. 

Marquez mendapatkan penalti karena dinilai melakukan tindakan yang membahayakan pebalap lain, dalam hal ini terhadap Andrea Iannone di Tikungan 9 pada kualifikasi.

Ia terbukti melambatkan motornya di tikungan tersebut dan mengacaukan konsentrasi Iannone yang berusaha melaju kencang untuk meraih waktu tercepat.

Dengan begitu, Johann Zarco yang sebelumnya berada di posisi start kedua, naik di posisi terdepan. Begitu pula dengan Valentino Rossi yang naik satu tingkat ke posisi start kedua.

Begitu pula dengan pebalap lain hingga peringkat ketujuh yang mengalami kenaikan posisi start.

Sementara itu, penalti itu merupakan kedua yang didapatkan Marc Marquez sehingga menyebabkan kehilangan pole position. Ia juga pernah diturunkan tiga tingkat dari start terdepan di MotoGP Amerika Serikat karena kedapatan melakukan pelanggaran yang membahayakan pebalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales.

Marc Marquez meraih pole position atau start di posisi terdepan dan Valentino Rossi meraih start ketiga pada MotoGP Malaysia 2018 di Sirkuit Internasional Sepang, Sabtu (3/11).

Marquez mencatatkan waktu tercepat pada kualifikasi kedua (Q2). Baby Alien sempat terjatuh di Tikungan 4 saat Q2 tinggal menyisakan 4 menit 78 detik.

Trek yang licin usai hujan besar tampaknya yang menjadi penyebab pebalap Repsol Honda tersebut tergelincir di Tikungan 4.

Berita Terkait