Dilaporkan Penggelapan, Keuangan PO Restu Ditangkap Polisi

  • 2018-11-14 penulis : Agung Priyo
  • Editor :junaedi
  • dibaca :758
Dilaporkan Penggelapan, Keuangan PO Restu Ditangkap Polisi Luciana saat dibawa petugas untuk dititipkan ke LP Wanita Sukun, Kota Malang.(agung)

MALANG - Unit Reskrim Polsek Singosari menangkap seorang wanita atas dugaan penggelapan uang di PO Restu. Dia adalah Luciana mantan karyawan bagian keuangan perusahaan angkutan umum ini.

Menurut Kanitreskrim Polsek Singosari, Iptu Supriyono, wanita berusia 38 tahun itu sebelumnya telah dipecat oleh pengelola PO Restu. Setelah itu dilaporkan ke polisi atas dugaan penggelapan.

Luciana dijemput petugas di rumahnya di Jalan Raya Randuagung, Singosari, Kabupaten Malang. Kini dia sedang dalam penahanan polisi dan dalam pemeriksaan.

"Dia kami jerat dengan pasal 374 KUHP tentang penggelapan dalam jabatan. Tersangka kami tangkap ketika sedang kerja," kata Supriyono. 

Diperoleh keterangan, Luciana bekerja di PO Restu sudah cukup lama. Dia di perusahaan ini diberi kepercayaan sebagai operasional keuangan. Namun jabatan itu malah disalahgunakan, untuk mencari keuntungan pribadi. 

Modusnya, membuat laporan pengunaan uang jalan angkutan karyawan PT. D&D Packing Indonesia, selama bulan 16 Agustus 2018 sampai 31 Oktober. Laporan tersebut dibuat fiktif,  tidak sesuai kondisinya. 

Uang jalan, yang seharusnya hanya sekali untuk pulang-pergi, oleh Luciana dibuat menjadi dua kali. Sedangkan uangnya masuk kantong pribadi. 

Terbongkarnya kasus ini berawal ketika perusahaan melakukan audit. Perusahaan curiga dengan laporan penggunaan uang jalan angkutan karyawan PT. D&D Packing Indonesia, yang tidak sesuai dengan faktanya. 

Ketika diselidiki ada laporan fiktif yang dibuat oleh Luciana, hingga perusahaan mengalami kerugian sekitar Rp 34,4 juta lebih. 

Merasa dirugikan pemilik perusahaan ini melaporkan ke Polsek Singosari. 

"Setelah kami lakukan pemeriksaan, yang bersangkutan saat ini kami titipkan di LP Wanita Sukun," jelas mantan KBO Satreskrim Polres Malang ini. 

Sementara barang bukti yang diamankan, dua lembar foto copy data rekapitulasi tagihan angkutan karyawan PT. D & D Packaging Indonesia. Hasil audit PO Restu selama bulan Agustus sampai Oktober 2018. Juga buku tabungan milik tersangka yang berisi bukti penerimaan gaji dari PO Restu.(agp/jon)
 

Berita Terkait