Ingin Kuliah di Amerika, Inilah Tips yang Perlu Diketahui

  • 2018-11-15
  • dibaca :505
Ingin Kuliah di Amerika, Inilah Tips yang Perlu Diketahui Ilustrasi Mahasiswa Di Amerika

Visa merupakan tanda bukti yang diberikan pada penduduk suatu negara jika akan berkunjung ke negara lain, ini sebagai syarat boleh masuk ke negara yang ingin dikunjungi. Visa biasanya berbentuk stiker khusus, yang bisa diajukan di kedutaan negara yang kita ingin kunjungi.


Amerika merupakan salah satu negara yang menerapkan pengamanan superketat dalam pemberian izin visa. Namun, bagaimana dengan visa Amerika bagi mereka yang ingin bersekolah di sana?


Foreign Service Officer Kedutaan Besar Amerika Serikat Cameron Torreon menjelaskan, langkah awal yang perlu dilakukan harus memastikan terlebih dahulu telah diterima di universitas di Amerika. Jika sudah, maka Anda akan mendapat surat pengantar untuk membuat visa dan itu lebih mudah dibandingkan Anda hanya ingin berlibur di sana.
“Untuk visa pelajar, lebih mudah karena kita tahu kamu ingin bersekolah dan tidak akan ke mana-mana. Ada alamat yang jelas juga ketika kamu tinggal di sana,” ucap Torreon.


Bahkan jika ternyata visa yang diajukan ditolak, maka akan ada pemberitahuan lewat email. Tetapi menurutnya, para calon mahasiswa bisa mengajukan izin visa kembali. Selanjutnya, tinggal menunggu balasan dari Kedubes AS.
“Ya misalnya ditolak, kamu tidak akan diberi tahu kenapa bisa ditolak. Lalu, kamu bisa mengajukan kembali visa tersebut. Biasanya sih 1x 24 jam. Pertanyaan yang akan ditanya juga tidak begitu susah seperti, ada urusan apa ke Amerika, nanti mau ke mana saja di Amerika. Yang penting jujur,” tambah Cameron.

Menurut Karima Nurrahmi Yulia, alumni India University, Amerika Serikat (AS),  dia menceritakan pengalaman bagaimana ketika dia ingin bersekolah di Negeri Paman Sam tersebut. Berdasarkan pengalamannya, ketika terbersit ingin bersekolah di Amerika maka hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat sebuah riset tentang biaya hidup, universitas yang cocok, dan kendaraan umum.


“Kalau aku dulu nyari biaya hidupnya gimana, universitasnya, jurusan, dekat enggak

Berita Terkait