5 Hal yang Membuat Merasa Pusing Setelah Makan | Berita Terbaru Hari ini

Close

5 Hal yang Membuat Merasa Pusing Setelah Makan

  • 2018-11-23
  • Editor :goly
  • dibaca :4805
5 Hal yang Membuat Merasa Pusing Setelah Makan Ilustrasi Sakit Kepala

Pernahkah merasa pusing, setelah menyantap makan siang atau makan malam? Biasanya, rasa pusing akan menghampiri sekitar 10 hingga 20 menit, selesai menyantap makanan.


Rupanya, hal tersebut bisa disebabkan oleh banyak faktor. Seperti dilansir Women's Health, lima hal yang bisa membuat Anda merasa pusing setelah menyantap makanan:


1. Terlalu banyak konsumsi gula
Mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung gula dapat membuat merasa lesu, kembung, dan sakit kepala. Dituturkan oleh Medhat Mikhael, M.D, direktur medis Spine Health Center di Memorial Care Orange Coast Medical Center, makanan manis dapat menyebabkan gula darah melonjak dan tiba-tiba turun drastis.
Jika sudah demikian, hal tersebut bisa menyebabkan hipoglikemia, yakni gula darah rendah setelah makan yang bisa membuat merasa pusing. Bahkan yang lebih buruk, juga akan merasa lemah, berkeringat, atau kepala terasa ringan seperti ingin mengambang.


2. Menyantap makanan yang sangat asin
Mengkonsumsi makanan sangat asin seperti makanan beku, saus pasta dan keju olahan bisa membuat kepala berdenyut kesakitan. Rasa sakit kepala ini dikarenakan konsumsi sekitar 8 ribu mg natrium setiap harinya sehingga risiko sakit kepala meningkat 33 persen lebih banyak.
Menurut American Heart Association, konsumsi garam atau natrium sebaiknya tidak lebih dari 1,500 mg setiap harinya. Mengapa? Kelebihan natrium dalam tubuh dapat meningkatkan volume darah yang membutuhkan ruang lebih banyak di pembuluh darah. Akibatnya, pembuluh darah mengembang dan membuat merasa pusing.


3. Mengkonsumsi makanan yang memicu migrain
Ada beberapa makanan pemicu migrain yang tidak kita sadari. Beberapa di antaranya adalah keju-kejuan dan red wine. Makanan tersebut mengandung tyramine, asam amino yang mampu memicu migrain pada orang-orang yang rentan terserang migrain.
Menurut National Headache Foundation, makanan yang penuh dengan bahan pengawet seperti nitrat, sulfit atau MSG juga bisa menimbulkan migrain dengan meningkatkan aliran darah ke otak. Zat aditif


BERITA TERKAIT