Hebat, ITN Raih Penghargaan Kartika, Kalahkan 326 PTS di Jatim | Berita Terbaru Hari ini

Close

Hebat, ITN Raih Penghargaan Kartika, Kalahkan 326 PTS di Jatim

Hebat, ITN Raih Penghargaan Kartika, Kalahkan 326 PTS di Jatim Rektor ITN Dr Lalu Mulyadi, MT

ITN Malang tahun ini berhasil menorehkan prestasi membanggakan dengan menggaet penghargaan Kartika yang diberikan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL Dikti) Wilayah VII Jatim. Penghargaan tertinggi ini diberikan kepada perguruan tinggi yang mendapat penghargaan Anugerah Kampus Unggulan (AKU) selama empat tahun berturut-turut.

‘’Saya bersyukur bisa mendapat penghargaan tertinggi sebagai kampus unggulan di Jatim,’’ kata rektor ITN, Dr Lalu Mulyadi, MT di ruang kerjanya kemarin.

Sejak kepemimpinannya sebagai rektor empat tahun lalu, ITN selalu mendapat penghargaan AKU. Tahun ini, penghargaan tertinggi Kartika diraih sebagai kampus terbaik menyisihkan 326 kampus PTS di Jatim.

Ada empat item penilaian yang harus dipenuhi sebuah PTS agar mendapat penghargaan tersebut. Yang pertama adalah tata kelola yang memiliki nilai tertinggi, 40 persen.

Lalu Mulyadi menjelaskan, untuk tata kelola ini pihak membangun sistem yang mengintegrasikan semua komponen yang ada di institute yang dipimpinnya tersebut. Sistem tersebut melibatkan tenaga pendidikan (dosen), tenaga kependidikan (karyawan) dan mahasiswa.

Melibatkan pihak-pihak dengan latar belakang budaya dan agama yang berbeda bukan pekerjaan mudah. Tapi, Lalu Mulyadi mampu menjalankan dengan baik.

Dalam menjalankan tugasnya, bukan hanya pendekatan formal yang dilakukan tapi juga pendekatan kemanusiaan. ‘’Saya berusaha merangkul semua komponen yang ada di ITN untuk bersama-sama menjalankan program yang sudah dicanangkan,’’ terangnya.

Kedua adalah masalah tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan. Para dosen sebagai tenaga pendidikan di ITN selalu ditingkatkan kemampuannya. Penilaian kemampuan dosen ini dilakukan secara internal di lingkungan kampus tapi juga dilakukan oleh pemerintah.

‘’Kami sudah siapkan para dosen untuk memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan pemerintah sesuai dengan kriteria masing-masing jenjang,’’ ucapnya.

Ketiga adalah penelitian dan pengabdian masyarakat. Ini merupakan bagian penting dari keberadaan perguruan tinggi agar mampu memberi manfaat bagi masyarakat. Pihak ITN memberi wewenang penuh kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) untuk melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas dosen.

Mereka didorong untuk


BERITA TERKAIT

close