Tips Hemat Saat Gajian | Berita Terbaru Hari ini

Close

Tips Hemat Saat Gajian

  • 2018-12-05
  • Editor :goly
  • dibaca :2137
Tips Hemat Saat Gajian Ilustrasi mengelola Uang saat Gajian

Kesulitan mengatur gaji bulanan, tidak hanya dialami segelintir orang saja. Banyak masyarakat modern sekarang ini, atau mungkin juga Anda mengalami kesulitan dalam mengatur gaji setiap bulan yang diterima. Tidak jarang kehabisan uang sebelum pertengahan bulan. Hal ini bisa jadi karena tidak mengelola gaji dengan baik.


Bagi generasi milenial sekarang ini sudah memasuki dunia kerja dan bisa menghasilkan uang sendiri. Dampak yang paling terasa adalah, tak sedikit dari mereka akhirnya boros saat gajian. Beratnya beban pekerjaan membuat mereka ingin bersenang-senang dengan hal jerih payahnya. Meski begitu, bukan berarti, sebagai milenial, melupakan tabungan masa depan. Kuncinya adalah bisa mengatur keuangan dengan baik.


Namun ada cara, bagaimana mengelola gaji bulanan dengan bijak.
Apa saja?  Simak tips berikut :


1. Buat Anggaran Bulanan
Rencanakan anggaran bulanan. Mulailah membuat daftar pengeluaran bulanan untuk kebutuhan menjadi dua bagian. Untuk kebutuhan primer seperti makan, ongkos bekerja, tagihan listrik, cicilan rumah, cicilan motor dan lain sebagainya. Sedangkan untuk kebutuhan tersier, buatlah anggaran untuk shopping, traveling, hingga anggaran hangout dengan teman-teman atau rekan kerja.


2. Segera Bayar Tagihan
Saat mendapatkan gaji, hal yang pertama dilakukan adalah membayar semua tagihan di awal. Dari mulai tagihan listrik, telepon, cicilan, dan lain sebagainya. Hal ini penting, agar tidak mengganggu biaya kebutuhan sehari-hari. Dengan memisahkan atau membayarkannya terlebih dahulu tentu akan membuat lebih tenang untuk mengatur pengeluaran bulanan lainnya.


3. Sisihkan Untuk Tabungan
Jika selama ini terbiasa menyisihkan sisa gaji untuk tabungan, kali ini cobalah menyisihkan gaji untuk tabungan sebelum menggunakannya untuk keperluan sehari-hari. Hal ini berguna, untuk menekan pengeluaran-pengeluaran yang tidak terlalu penting.


4. Buat Laporan Keuangan Harian
Simpanlah struk belanja yang didapatkan setiap kali berbelanja. Catatlah semua pengeluaran setiap harinya. Selain cara ini membantu mengetahui kemana saja uang yang digunakan selama


BERITA TERKAIT