Trik untuk Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri | Berita Terbaru Hari ini

Close

Trik untuk Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

  • 2018-12-06
  • Editor :goly
  • dibaca :5814
Trik untuk Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri Ilustrasi Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Salah satu keuntungan dari derasnya arus informasi adalah bisa mendapatkan sebanyak-banyak informasi mengenai beasiswa. Jika dulu mungkin harus nongkrong di depan Gedung Rektorat kampus atau aktif bertanya kepada dosen tentang informasi beasiswa, sekarang cukup rajin membuka website salah satu sumber incaran untuk mendapatkan beasiswa, bisa dari pihak pemerintah Indonesia, swasta, ataupun pihak pemerintah luar negeri.


Walaupun informasi tentang beasiswa ini sangat banyak, terkadang geregetan karena sulitnya mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Nah, sekarang akan dibahas mengenai trik jitu yang bisa dilakukan untuk mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri.
Berikut  trik yang bisa dilakukan ;


Tawaran beasiswa sangat banyak, jangan lelah untuk cari tahu
Trik pertama yang bisa digunakan adalah, harus mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai kesempatan untuk mendapatkan beasiswa. Ada beberapa jenis beasiswa yang bisa dituju. Bisa memanfaatkan beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah, departemen, atau lembaga. Di Indonesia ada LPDP yang diselenggarakan oleh kementerian Keuangan, kemudian juga ada Kominfo, LIPI, Kementerian Pendidikan, dan beberapa kementerian lain.


Selain itu, juga bisa menyasar beasiswa yang diselenggarakan oleh pihak swasta. Beberapa pihak swasta seperti Bank CIMB Niaga juga memberikan jenis beasiswa yang sangat menarik. Kemudian ada lagi beasiswa dari internasional, seperti Australia Awards dari pemerintah Australia, Chevening dari British Council, atau KGSP dari pemerintah Korea Selatan.


Tingkatkan potensi akademis
Setelah mengetahui beberapa sumber dari beasiswa, sekarang saatnya meningkatkan potensi diri agar mudah mendapatkan beasiswa. Beberapa beasiswa seperti LPDP memiliki syarat seperti rencana penelitian, jurnal yang pernah ditulis, dan berkas lainnya. Setelah semuanya lolos, akan diwawancarai mengenai rencana ke depan jika diterima dan pertanyaan kepribadian lain. Jika mendaftar beasiswa dari pihak swasta, perlu menyiapkan Letter of Acceptance (LoA) terlebih dahulu.


Ikut gerakan sosial dan aktif di organisasi
Cara selanjutnya yang sangat ampuh untuk mendapatkan beasiswa


BERITA TERKAIT