Ini Sosok Pencuri Besi Pengaman Rel KA Yang Ditangkap Polisi | Berita Terbaru Hari ini

Close

Ini Sosok Pencuri Besi Pengaman Rel KA Yang Ditangkap Polisi

  • 2018-12-09 penulis : Agung Priyo
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1301
Ini Sosok Pencuri Besi Pengaman Rel KA Yang Ditangkap Polisi Tersangka Mulyono (jongkok) dan barang bukti ketika diamankan di Mapolsek Pakisaji.(agung)

MALANG - Pencuri pandrol atau besi pengait bantalan rel kereta api diringkus. Dia adalah Mulyono, warga Desa Genengan, Pakisaji, Kabupaten Malang. Ulah pria berusia 44 tahun ini, sangat berbahaya. Sebab bisa saja KA yang melewati rel tanpa pengaman, bisa terguling.

Tersangka ditangkap petugas gabungan Unitreskrim Polsek Pakisaji dan Buser Polres Malang di rumahnya. Sebagai barang buktinya, petugas mengamankan 49 biji pandrol, yang dimasukkan dalam karung plastik. 

"Kami masih kembangkan kasusnya. Apakah beraksi seorang diri ataukah dibantu pelaku lain. Termasuk mendalami sudah berapa kali tersangka mencuri," jelas Kapolsek Pakisaji, AKP Novian Widyantoro, Minggu (9/12). 

Pengungkapan pencurian pandrol ini, bermula dari petugas PT. KAI, saat melakukan pengecekan bantalan rel pada Jumat (7/12) dini hari. Saat melintas di KM 57+000 sampai 57+100 belakang pabrik Jaya Mix, Desa Kebonagung, Pakisaji, petugas  PT KAI ini mendapati beberapa pengait besi bantalan hilang. 

Karena sangat membahayakan kereta api yang melintas, petugs inspeksi ini segera melaporkan kepada atasannya. Pengait bantalan rel itu segera diganti. Tapi PT. KAI juga melaporkan pencurian itu ke Polsek Pakisaji. 

Polisi lantas menyelidiki dengan meminta keterangan sejumlah saksi. Hasilnya, diketahui  pelakunya adalah Mulyono. Tak menunggu lama, tersangka pun dijemput di rumahnya. 

"Tersangka kami jerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian pemberatan. Ancaman hukumannya tujuh tahun kurungan penjara," tegasnya.(agp/jon)
 


BERITA TERKAIT

close