Pascal Telan Korban, Perhutani Tutup Air Terjun Coban Talun dan Beri Santukan serta Uang Duka | Berita Terbaru Hari ini

Close

Pascal Telan Korban, Perhutani Tutup Air Terjun Coban Talun dan Beri Santukan serta Uang Duka

Pascal Telan Korban, Perhutani Tutup Air Terjun Coban Talun dan Beri Santukan serta Uang Duka Pasca-insiden tewasnya tiga orang siswa sekolah dasar tenggelam, air terjun coba Talun ditutup sementara.(firman)

BATU - Pasca-insiden tenggelamnya tiga orang siswa siswa SD IT Insan Mulya, Kota Malang, Selasa (11/12), lokasi wisata air terjun Coba Talun, Kota Batu ditutup sementara.

Tidak disebut sampai kapan penutupan itu dilakukan. Pengelola benahi standar operasional prosedur (SOP) untuk keselamatan pengunjung. Namun untuk obyek wisata lain dalam areal wahana wisata itu tetap beroperasi seperti biasa. 

Hal itu ditegaskan Adm KPH Perum Perhutani Malang Errik Alberto, setelah melakukan peninjauan lokasi kejadian, Rabu (13/12). 

Penutupan tempat air terjun itu lanjutnya, juga sudah dikoordinasikan dengan pihak kepolisian. 

"Sebelumnya kami berterima kasih kepada semua elemen yang telah terlibat dalam evakuasi. Dengan adanya peristiwa ini menjadi momen untuk melakukan evaluasi. Kami baru saja melakukan audit terkait kesehatan dan keselamatan kerja (K3) di lokasi kejadian," terang Errik.

Diakuinya, antisipasi keselamatan pengunjung di lokasi itu belum maksimal. Mengambil hikmah dari peristiwa itu, pihaknya segera melakukan perbaikan menyangkut keselamatan pengunjung di lokasi ini.


"Memang antisipasi belum maksimal. Karena itu kami akan perbaiki SOP. Menentukan mana zona yang membahayakan dan area (air terjun) dan larangan untuk bermain anak-anak," bebernya. 


Lebih dari itu, pihaknya akan membuat aturan tentang rasio pendamping dengan pengunjung atau wisatawan. Terutama bagi instansi atau lembaga yang menggelar kegiatan outbond di air terjun Coban Talun yang melibatkan anak-anak.

 
Selain itu, pihaknya juga akan menambahkan petugas keamanan di lokasi wisata Coban Talun. Khususnya di lokasi air terjun. Mengingat saat ini masih ada empat penjaga pada hari biasa dan 10 penjaga pada hari libur. termasuk tambahan peralatan emergency berupa pelampung.


Perbaikan semacam itu juga akan diterapkan di seluruh air terjun yang ada di wilayah kerja Perhutani di Malang Raya. Di mana pihaknya mencatat ada lebih dari 30 air terjun yang ramai dikunjungi wisata setiap harinya. Misalnya di Coban Putri, Coban Rais, Coban Jahe


BERITA TERKAIT

close