Tol Mapan Fungsional Hanya Satu Sisi Ini Jadwalnya | Berita Terbaru Hari ini

Close

Tol Mapan Fungsional Hanya Satu Sisi Ini Jadwalnya

  • 2018-12-19 penulis : junaedi
  • dibaca :1215
Tol Mapan Fungsional Hanya Satu Sisi Ini Jadwalnya Pekerjaan pengerasan jalan tol dengan cor semen sebelum oprasional secara fungsional.(ipunk)

MALANG - Direktur PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) Agus Purnomo memastikan  secara teknis tol Pandaan – Malang untuk seksi 1 siksi 2 dan seksi 3 sudah siap difungsikan. 


”Alhamdulillah sudah ready. Yang belum terhubung, sudah dihubungkan, dan akan siap dilewati saat difungsikan nanti,’’ katanya, Rabu (19/12).


Agus menyebutkan, dengan telah tersambungnya jalan tol ini dari seksi satu dan tiga, pihaknya memperpanjang waktu fungsional. Ini karena alasan memberikan pelayanan dan kemudahan kepada masyarakat pada saat musim libur Natal dan Tahun Baru. 


Jalan tol Pandaan Malang tidak kurang dari 38 kilometer itu, akan dioperasionalkan secara fungsional mulai Jumat 21 Desember - 3 Januari. Sebelumnya ada di sejumlah titik yang belum dipadatkan. Saat ini telah dilakukan pengecoran.


Salah satu yang dikerjakan di STA (kilometer) 17 Sumber Porong, Lawang. Para pekerja melakukan pengecoran jalan. Di STA 17 (Perumahan Malang Anggun) ada jalan yang belum dibeton. Ini yang dipadatnya mesi sifatnya baru sementara. 


”Minggu lalu kami sudah melakukan pemadatan. Kemudian mulai Senin dilakukan pengecoran. Jalan di cor sementara, dihubungkan sampai dengan STA 17 plus 800,’’ kata Setyo Rimbawan salah satu pekerja seksi 2 Tol Pandaan-Malang.

Dia sebutkan pengecoran itu sifatnya sementara, hanya untuk fungsional liburan Natal dan Tahun Baru. Setelah itu akan dibongkar dan dikerjakan sesuai standarnya.


”Belum bisa dikerjakan beton rigit, karena untuk beton rigit harus ada tahapan betonnya. Jika mengikuti tahapan, waktunya tidak cukup waktu untuk fungsional nanti,’’ jelasnya.


Selain itu ada juga pekerjaan pemasangan barier atau pengaman di tepi jalan untuk untuk pengamanan. Begitu juga saluran air  dengan pemasangan  box culvert sampai dengan rambu-rambu.

Selama fungsional, jalan tol ini hanya satu akan difungsikan satu sisi saja. Yaitu tanggal 21 sampai dengan 25 Desember 2018 tol yang difungsikan dari arah Surabaya-Malang, tanggal 26-27 Desember tol yang


BERITA TERKAIT

close