Awas, Cuaca Ekstrem dan Gelombang Tinggi di Pantai Malang Selatan

  • 2018-12-30
  • Editor :goly
  • dibaca :990
Awas, Cuaca Ekstrem dan Gelombang Tinggi di Pantai Malang Selatan Ilustrasi Pantai BaleKambang

MALANG - Bagi yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan berkunjung ke pantai Malang Selatan, sebaiknya lebih waspada dan berhati-hati. Sebab, hingga awal  Januari 2019 mendatang, Stasiun Meteorologi Maritim Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, memprediksi bakal terjadi gelombang tinggi.


“Ketinggian gelombang yang ada di perairan Laut Jawa bagian timur mencapai sekitar 1,3 hingga 2,5 meter,” kata M. Arif Wiyono, forecaster on duty Stasiun Meteorologi Maritim BMKG Tanjung Perak, Minggu (30/12/2018).


Ombak yang tinggi diprediksi juga bakal terjadi di Samudera Hindia, selatan Jawa Timur, serta di pesisir selatan, termasuk di Kabupaten Malang. Ombak di kawasan Malang Selatan diperkirakan kisaran antara 1,5 hingga 3,5 meter.“Jika melihat data rekapan secara harian, rata-rata gelombang di pesisir selatan Jawa Timur mencapai ketinggian  sekitar 2,5 meter,” sambung Arif.


Fenomena semacam ini bakal terjadi mulai penghujung tahun 2018 hingga awal Januari 2019 mendatang.
“Kami mengimbau kepada masyarakat yang beraktivitas di wilayah perairan Jawa Timur agar selalu waspada, karena ketinggian ombak bisa mencapai lebih dari 3 meter,” imbuhnya.


Selain ancaman ombak besar, para nelayan maupun wisatawan juga perlu mewaspadai cuaca ekstrem yang bakal mengiringi pergantian tahun ini. Sebab, sebagian besar wilayah Jatim berpotensi terjadi hujan lebat.


“Kecepatan angin di Laut Jawa juga tinggi, yakni mencapai 25 knot atau 46 kilometer per jam. Kami sarankan agar memperhatikan imbauan BMKG, terkait prakiraan cuaca sebelum memulai aktivitas di sekitar pantai,” pungkasnya. (*)

Berita Terkait