Kebut Seksi 4, Fungsional Tol Pandaan-Malang Ditutup | Berita Terbaru Hari ini

Close

Kebut Seksi 4, Fungsional Tol Pandaan-Malang Ditutup

Kebut Seksi 4, Fungsional Tol Pandaan-Malang Ditutup Kendaraan yang melintas di Jalan Tol Pandaan Malang beberapa waktu lalu, dan kemarin fungsional tol ditutup, kendaraan dari Surabaya-Malang akan menggunakan jalur arteri.

MALANG - Setelah 12 hari difungsionalkan, tol Pandaan-Malang ditutup pada Rabu (2/1/2019). Kendaraan dari Surabaya-Malang maupun sebaliknya kembali menggunakan jalur arteri. Selanjutnya, pihak PT Jasa Marga Pandaan Malang melanjutkan pembangunan.


"Terakhir selasa (2/1), sesuai jadwal hari ini fungsional tol sudah ditutup. Kami  akan melanjutkan pekerjaan pembangunannya," kata  M Jajuli, General Manager (GM) Tehnik PT Jasa Marga Pandaan Malang.


Menurut Jajuli, selama 12 hari fungsional tol, jumlah kendaraan yang melintas mencapai 77.668  kendaraan. Traffict kendaraan paling padat terjadi pada 1 Januari 2019. Yaitu kendaraan yang melintas di hari terakhir fungsional mencapai 10.623.
"Hari terakhir kami sempat mengubah arah, yang semula arah Malang Surabaya yang dibuka, pukul 10.00 diubah arah Malang - Surabaya dan pukul 15.00 kembali di ubah arah Malang - Surabaya," tambahnya.


Dia menjelaskan selama jalan bebas hambatan ini di fungsionalkan, tak ada kendala apapun.
"Kalau kecil-kecil seperti ban kempis, mogok karena radiator, atau masalah mesin, juga kehabisan BBM memang ada. Yang lain tidak ada, kecelakaan juga tidak terjadi selama fungsional," ujarnya.


Dengan selesainya fungsional ini, pembangunan tol dilanjutkan untuk seksi 4 yaitu Singosari-Pakis, pembangunan akan dikebut.
"Kami berburu dengan waktu. Febuari tahun 2019 seksi 4 harus selesai," tuturnya.


Jajuli menambahkan, rencananya seksi 1 sampai seksi 3 akan dioperasionalkan pada akhir Januari 2019. Namun jika seksi 4 dapat diselesaikan pada Febuari 2019, maka operasional tol seksi 1-4 akan dilakukan bersamaan pada bulan itu.
"Makanya sekarang pembangunannya dikebut untuk seksi 4, agar dapat selesai pada waktu yang ditentukan, sehingga operasional tidak molor," paparnya.


Sedangkan untuk seksi 5 (Pakis-Malang), pria berkacamata ini mengatakan pihaknya berupaya menyelesaikan pembangunan tepat waktu. Dia tak menampik ada kendala pada pembangunan seksi 5 tol Pandaan-Malang, terkait dengan pembebasan lahan. Namun demikian dia yakin, kendala itu cepat terselesaikan.


LIHAT JUGA


BERITA TERKAIT