Lewat Program Lingkungan, Lahirkan Anak-anak Mandiri | Berita Terbaru Hari ini

Lewat Program Lingkungan, Lahirkan Anak-anak Mandiri

Lewat Program Lingkungan, Lahirkan Anak-anak Mandiri Kegiatan Belajar di SDN Tunjungsekar 1 Kota Malang

MALANG - Sekolahdi Kota Malang cukup concern dengan program lingkungan. Salah satunya SDN Tunjungsekar 1. Sekolah yang meraih gelar Asian Eco School ini memanfaatkan program lingkungan ini sebagai cara mendidik kemandirian siswa. Mandiri adalah karakter yang diyakini menjadi kunci sukses seseorang untuk jadi pemimpin.


Sejak kelas 1, siswa di sekolah ini sudah terbiasa dengan sikap mandiri lho. Masing-masing siswa punya tugas dan tanggungjawab terhadap pengelolaan taman yang ada di depan kelas. Mereka merawat dan menjaga taman agar tetap bersih dan tanamannya tidak mati. Tugas ini dilakukan tanpa menunggu perintah, siswa dengan inisiatif sendiri tanpa harus menunggu gurunya.
"Untuk membentuk budaya ini memang tidak mudah. Butuh proses yang panjang, sehingga anak terbiasa mandiri dengan tugas dan kewajibannya," terang , Dra. Sri Astuti, Humas SDN Tunjungsekar 1.


SEMUT SABER adalah program di SDN Tunjungsekar 1 yang mengajak siswa semangat memungut sampah bersama. Siswa dengan senang hati akan mengambil jika melihat sampah di dekat mereka. Jadi, lingkungan sekolah pun bersih dan menyenangkan.


Kemandirian dan cinta lingkungan siswa-siswi di SDN Tunjungsekar 1 memang tidak diragukan lagi. Gelar Asian Eco School yang diraih sekolah ini menjadi bukti bahwa kemandirian siswa telah tertanam kuat. Apalagi gelar adiwiyata mandiri telah diraih pada tahun 2007 lalu. Menandakan pendidikan lingkungam telah membudaya di sana.
"Gelar tersebut bisa diraih karena kebiasaan baik yang mencerminkan cinta lingkungan telah membudaya, dan budaya itu terbentuk dengan sikap mandiri dari warga sekolah termasuk siswa," tuturnya.


Sulistyawati, S. Pd yang juga merupakan tim Humas SDN


BERITA TERKAIT

google ranking checker
google ranking checker