Makan Jajanan Sate Usus, 21 Siswa SD Balesari Ngajum Keracuran

Makan Jajanan Sate Usus, 21 Siswa SD Balesari Ngajum Keracuran Salah seorang siswa SD Balesari 02 Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang mengalami dirawar di Puskesmas karena diduga keracunan.(agung)

MALANG - Sedikitnya 21 siswa Sekolah Dasar (SD) Balesari 02 Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang mengalami keracunan massal, Senin (7/1) lalu. Mereka mengeluh pusing, mual dan muntah-muntah setelah makan sate usus.

Makanan itu didapat mereka dengan membeli dari seorang pedagang di depan sekolah. Awalnya aman-aman saja, naman setelahnya beberapa mengeluh sakit. Mereka segera dilaraikan ke Puskesmas setempat.

"Ada 21 anak yang mengalami keracunan. Namun setelah mendapat perawatan di Puskesmas, semuanya sudah diperbolehkan pulang," kata Kapolsek Ngajum, AKP Farid Fathoni.

Keterangan di TKP, peristiwa ini terjadi sebelum masuk sekolah. Anak-anak jajan sate usus yang dijual seorang pedagang di luar sekolah. Penjual sate usus ini, membawa sepeda motor yang diberi gerobak.

Semula ketika makan, sama sekali tidak ada kendala. Namun selang satu jam kemudian, anak-anak mulai merasakan mual secara bersama-sama. Mereka mengeluh pusing dan muntah-muntah.

Sukariyah, Kepala SD Balesari 02 Ngajum, yang mengetahui segera mencari tahu kepada siswa lainnya. Para siswa menjawab usai jajan sate usus. Khawatir akan terjadi apa-apa, 21 siswa yang diduga keracunan keracunan segera dilarikan ke Puskesmas Ngajum.

Kejadian ini juga dilaporkan ke Polsek Ngajum. Dari 21 siswa yang keracunan, hanya Ocha Elok Dian Agustin, 11, yang harus rawat inap. Sedangkan 20 siswa sudah diperbolehkan pulang.

Berita Terkait