Cucu Bung Karno Komikan Kisah Hidup Sang Proklamator di HUT ke 46 PDI | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Cucu Bung Karno Komikan Kisah Hidup Sang Proklamator di HUT ke 46 PDI

  • 08-01-2019 penulis : junaedi
  • dibaca :36619
Cucu Bung Karno Komikan Kisah Hidup Sang Proklamator di HUT ke 46 PDI Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan, komik hasil cipta karya cucu SuKarno, M Prananda Prabowo.(dok.merdeka.com)

dalam bahasa Belanda yang artinya kopiah atau topi kecil.

Komik juga mengisahkan soal masa kuliah Bung Karno di Technische Hooge School yang menjadi cikal bakal Institut Teknologi Bandung (ITB). Di masa itulah Bung Karno mengenal tokoh-tokoh lain seperti Douwes Dekker, Tjipto Mangunkusomo dan lainnya.

Kisah hidup Sukarno memulai aktivitas politik kepartaian juga diceritakan. Termasuk bagaimana Sukarno harus menghadapi taring hukum Pengadilan Kolonial Hindia Belanda. Kisah-kisahnya selama menjalani masa hukuman dan pembuangan, serta pergulatan pemikirannya pun dibahas di komik.

Setelah lepas dari pengasingan, kisah Sukarno semakin mengobarkan perlawanan rakyat terus diangkat. Bersama Hatta, Sukarno mempersiapkan kemerdekaan Indonesia dengan berbagai strategi.

Ikhtiar Sukarno dan kawan-kawannya membuahkan hasil. Sukarno memanfaatkan Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) bentukan Jepang guna membulatkan tekad untuk merdeka.

Dalam sidang BPUPKI yang digelar 1 Juni 1945, Sukarno memperkenalkan Pancasila. Kelak, gagasannya tentang Pancasila itu yang akhirnya masuk dalam Pembukaan UUD 1945.

Akhirnya pada 17 Agustus 1945, Sukarno dan Hatta memproklamasikan kemerdekaan Indonesia di hadapan 300 orang. Sehari kemudian, sidang PPKI mendaulat Sukarno sebagai presiden, sedangkan Bung Hatta sebagai wakilnya.(liputan6.com)


BERITA TERKAIT