Tol Mapan segera Dioperasikan, Jalan-jalan Ini akan Dilebarkan | Berita Terbaru Hari ini

Close

Tol Mapan segera Dioperasikan, Jalan-jalan Ini akan Dilebarkan

Tol Mapan segera Dioperasikan, Jalan-jalan Ini akan Dilebarkan Perempatan Terusan Jalan Sulfat yang akan dilebarkan sebgai dampak dari penyelesaian tol Mapan.(firman)

MALANG - Menjelang penyelesaian jalan tol Malang-Pandaan (Mapan) pemerintah Kota Malang ngebut merencanakan akses jalan masuk tol dari dalam kota.

Skema jalan penunjang tol itu ada di wilayan Sawojajar. Mulai dari Jalan Ki Ageng Gribig yang juga menjadi pintu tol. Langkah pertama adalah pelebaran jalan yang dimulai tahun ini dengan alokasi anggaran sebesar Rp 19 miliar.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Malang Ir Hadi Susanto, ada pelebaran jalan hingga pembebasan lahan di kawasan ini. Di antaranya di Jalan Ki Ageng Gribig, Madyopuro, Jalan Danau Toba, Jalan Raya Sawojajar, Jalan Raya Sulfat hingga kawasan Muharto. 

Begitu juga dengan pelebaran di perempatan Jalan Terusan Sulfat-Jalan Kapi Woro- Jalan Danau Limboto-Jalan Raya Sawojajar juga menjadi perhatian serius.  

Pembangunan tol Mapan khususnya seksi 5 (Pakis-Malang/Madyopuro) dijadwalkan rampung dan difungsikan pada Juni 2019 mendatang. Seksi ini merupakan tahapan terakhir jalur jalan bebas hambatan sepanjang 38,8 kilometer ini. 

Menurut Soni, sapaan akrab Hadi Susanto ini, pihaknya telah menyiapkan pengembangan jalan pendukung pintu keluar tol Malang Pandaan.  Salah satunya pelebaran jalan dan pembebasan lahan sekitar exit Tol Mapan. 


“Pembebesan lahan di antaranya dilakukan di kawasan seperti simpang tiga Jalan Ki Ageng Gribig hingga kawasan Jalan Danau Toba. Kawasan Sulfat juga akan dilakukan pelebaran dan pembebasan lahan,” katanya. 


Hal ini dilakukan agar ruang milik jalan (rumija) bertambah lebar. Lebar rumija yang akan direalisasikan rencananya 10 sampai 30 meter. Kawasan ini adalah wilayah yang akan dilalui pengendara untuk keluar dan masuk jalan tol.


Pelebaran jalan lanjutnya, juga akan dilakukan seperti di Jalan Muharto termasuk sejumlah persimpangan yang selama ini menjadi titik penumpukkan kendaraan. Salah satunya di pertigaan Jalan Muharto arah ke Polehan dan perempatan Pasar Kebalen.


BERITA TERKAIT