Ini Penampakan Helikopter H225M Yang Dibeli TNI AU

  • 2019-01-11 penulis : junaedi
  • dibaca :543
Ini Penampakan Helikopter H225M Yang Dibeli TNI AU Helikopter berjenis H225M yang dipesan TNI AU.(ist)

JAKARTA - TNI AU dikabarkan telah memesan delapan helikopter berjenis H225M kepada perusahaan Airbus Helicopters. Helikopter itu nantinya akan berfungsi untuk evakuasi hingga kondisi pertempuran. 

"Kami sangat mendukung keputusan TNI AU dalam memilih H225M untuk melengkapi armada mereka. H225M adalah helikopter yang telah teruji di medan tempur dan disenangi oleh banyak pelanggan di seluruh dunia. Pesanan tambahan ini mencerminkan kepercayaan Indonesia terhadap Airbus Helicopters," kata Airbus Helicopters Executive Vice President Ben Bridge dalam keterangan tertulis Airbus melalui Maverick Indonesia yang ditulis detikcom, Jumat (11/1). 

Helikopter yang dipesan, berdasarkan kesepakatan Kemenhan dan PT Dirgantara Indonesia, akan diserahkan ke TNI AU seusai perakitan, penambahan kelengkapan, dan penyesuaian akhir oleh PTDI di fasilitas mereka di Bandung. 

Tak dijelaskan berapa harga yang dibayar untuk pemesanan delapan helikopter tersebut.

Helikopter H225M merupakan nama komersial yang sama dengan Helikopter EC725 Cougar. Merupakan keluarga dari Super Puma, produk kerja sama industri antara PTDI dengan Airbus Helicopters, Prancis. 

Helikopter H225M menggunakan mesin ganda yaitu 2x Tubomeca Makila 1A4 tuboshafts dengan kecepatan maksimum 324 km/jam (175 kts) dan dapat mengudara selama 6,5 jam.

Helikopter H22M memiliki panjang 19,5 meter dan tinggi 4,6 meter. Selain itu, kemampuan terbang dengan ketinggian 6.095 meter atau 19.997 kaki. 

Untuk transportasi, Helikopter ini mampu menempuh jarak jauh dengan memuat 29 penumpang beserta 2 crew. Heli multi-role ini dilengkapi teknologi canggih seperti LCD multi fungsi 6"x8" pada cockpit, terintegrasi dengan peta digital/peperangan elektronik, full glass cockpit, dan lain-lain.

Helikopter canggih ini bisa juga dipersenjatai dengan gun pod dan roket pod. Untuk melindungi diri,

Berita Terkait