Dramatisnya Mengevakuasi Titi Wati untuk Jalani Perawatan | Berita Terbaru Hari ini

Close

Dramatisnya Mengevakuasi Titi Wati untuk Jalani Perawatan

  • 2019-01-11 penulis : junaedi
  • dibaca :2429
Dramatisnya Mengevakuasi Titi Wati untuk Jalani Perawatan Susah Payah petugas saat mengevakuasi penderita obesitas Titi Wati.(ist)

PALANGKA RAYA - Wanita terberat di Kalimantan Tengah Titi Wati, 37 di evakuasi secara dramatis dari rumahnya, Jumat (11/1) sekitar pukul 08.00 Wib. Ia diusung menuju RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya. 


Proses evakuasi yang dimulai pukul 08.00 WIB tersebut, melibatkan puluhan petugas pemadam kebakaran dan bahkan harus menjebol pintu dan jendela rumah Titi Wati yang terbuat dari kayu.
Itu dilakukan karena akses jalan untuk mengevakuasi wanita obesitas ini tidak bisa melalui pintu utama, mengingat tubuh pasien yang sangat besar dibandingkan dengan lebar pintu.

Untuk memindahkan wanita yang bertahun-tahun hanya bisa tidur tengkurap itu, petugas membuat tandu khusus. Tak mudah memang untuk memindahkan wanita yang memiliki bobot 350 kg itu.

Dibutuhkan setidaknya 20 orang petugas pemadam kebakaran dan dinas sosial untuk mengangkat Titi Wati dari dalam rumah menuju mobil yang berjarak sekitar 10 meter itu.

Titi Wati dievakuasi ke rumah sakit untuk keperluan perawatan kesehatannya.

Menurut Wakil Direktur RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya, dr Theodorus Sapta Atmadja, penurunan berat badan Titin akan ada sejumlah tindakan medis. Yakni operasi bariatrik atau pengecilan ukuran lambung. Sehingga akan membatasi porsi makan yang masuk dan terserap ke dalam tubuh.

Diakui Theo, operasi ini bukanlah persoalan mudah. Selain secara teknis yang saat ini sedang disiapkan, pasien juga harus menjalani pemeriksaan dan pengawasan rutin.

“Kita harapkan bisa mengurangi berat badan hingga 20-25 Kg per bulannya, agar mencapai berat normal seperti pada umumnya," ucapnya Rabu (9/1).


BERITA TERKAIT