Sanusi, Wakil Bupati Malang Stop Pungutan Siswa, Termasuk Uang Gedung | Berita Terbaru Hari ini

Close

Sanusi, Wakil Bupati Malang Stop Pungutan Siswa, Termasuk Uang Gedung

Sanusi, Wakil Bupati Malang Stop Pungutan Siswa, Termasuk Uang Gedung Foto : Sanusi ketika bersama Mendiknas

Klikapa.com-MALANG - Wakil Bupati Malang, H.M Sanusi mencanangkan, pendidikan di Kabupaten Malang harus bersih dari pungutan dengan dalih apapun, pada tahun 2019 ini. Lembaga pendidikan dilarang menarik uang pada siswa, terutama uang gedung.


“Tahun 2019 kualitas pendidikan harus diutamakan. Sehingga saya tidak mau lagi ada kendala terkait masalah pendidikan,” tegasnya.
Dikatakannya, peningkatan kualitas lembaga pendidikan di Kabupaten Malang, semuanya sudah dicukupi dari APBD.
“Sehingga tidak ada alasan lain lembaga sekolah melakukan pungutan pada wali murid dengan dalih untuk pembangunan sekolah atau gedung,” ujar dia.


Ketika ada lembaga sekolah yang masih melakukan pungutan, maka bisa dikatakan pungutan liar (pungli). Sanksinya selain diminta mengembalikan, juga bisa diproses hukum.
“Kalau pungutannya tidak jelas peruntukkannya untuk apa, maka sama saja dengan pungli. Bisa dijerat dan diproses hukum,” tuturnya.


Terkecuali, untuk peningkatan kualitas lainnya.
“Itupun harus ada musyawarah dengan wali murid. Ketika tidak disepakati, maka lembaga sekolah tidak boleh memaksa,” pesan mantan anggota DPRD Kabupaten Malang tersebut.


Langkah ini, dilakukan untuk memberikan hak pendidikan dasar pada anak-anak. Sekaligus ingin menjadikan Kabupaten Malang, sebagai Kota Pendidikan. Termasuk mendorong Kabupaten Malang sebagai kota besar. (agp)


BERITA TERKAIT

close