Retrorika Cafe Bar & Resto Tawarkan Konsep Eco-Friendly | Berita Terbaru Hari ini

Close

Retrorika Cafe Bar & Resto Tawarkan Konsep Eco-Friendly

  • 2019-01-19
  • Editor :goly
  • dibaca :7852
Retrorika Cafe Bar & Resto Tawarkan Konsep Eco-Friendly Perabit Retrorika Cafe Bar & Resto 90 persen menggunakan bahan bekas menjadi daya tarik bagi pengunjung.(Muhamad Firman)

Klikapa-BATU - Kota berjuluk 'De Kleine Switzerland' ini memang tak pernah ada habisnya melahirkan banyak tempat wisata hingga kuliner. Tempat-tempat wisata hingga tempat nongkrong di Kota Batu, selalu menawarkan konsep yang unik dan berbeda.


Salah satunya adalah Retrorika Cafe Bar & Resto, yang baru saja dibuka pada Desember 2018 lalu. Café tersebut memiliki konsep recycle-reuse. Artinya hampir 90 persen bahan interior, eksterior penghias cafe ini adalah barang bekas.


Owner Retrorika Cafe Bar & Resto, Swiss Winnasis mengatakan, didirikannya Café Bar yang terletak di Jalan Dewi Mutmainah No. 3, Dusun Banaran, Desa/Kecamatan Bumiaji, ini adalah café satu-satunya yang memiliki konsep ramah lingkungan atau Eco-Friendly. Sehingga, mulai dari bahan bangunan hingga cara pengolahan limbah dapur sangat ramah lingkungan.
"Retrorika sengaja saya konsep ramah lingkungan. Baik dari bangunan hingga pengolahan limbah sampahnya," ujar Swiss.


Ia menjelaskan, untuk bangunan saja yang disusun dari bahan bekas, jendela hingga pintu retro memerlukan jangka waktu 1 tahun untuk mempersiapkannya. Selain itu, untuk limbah makanan dipilah dari dapur. Mulai limbah organik hingga non organik.
"Untuk putung rokok kami manfaatkan sebagai media tanam. Serta kami tidak menyediakan tisu. Sehingga secara langsung juga mengedukasi untuk ramah lingkungan," bebernya.


Selain berbagai hiasan retro dari bahan bekas dan cara pengolahan sampah yang ramah lingkungan. Di tempat tersebut menyuguhkan kopi lokal dari gunung Arjuno, Anjasmoro, Kawi. Serta kopi asal Kota Batu, Pujon, Songgoriti, hingga Ngantang.


"Kami menyuguhkan kopi lokal. Harapannya, kopi tersebut bisa dinikmati sembari berdiskusi atau membaca buku. Karena di tempat kami menyediakan buku bacaan dan tempat berdiskusi. Bahkan setiap Jumat, kami suguhkan 50 porsi makanan gratis bagi tamu," paparnya.


Selain tempat nongkrong, Retrorika Cafe Bar & Resto juga memiliki ratusan koleksi tanaman sukulen berbagai jenis. sehingg menjadikan cafe ini adalah satu-satunya


BERITA TERKAIT