Kemacetan di Kawasan Pasar Gadang Masih Dikeluhkan Warga | Berita Terbaru Hari ini

Close

Kemacetan di Kawasan Pasar Gadang Masih Dikeluhkan Warga

Kemacetan di Kawasan Pasar Gadang Masih Dikeluhkan Warga Kendaraan yang parkir di jembatan dan pasar yang menjorok ke jalan akan segera ditertibkab Dishub untuk memperlancar arus lalu lintas di Pasar Induk Gadang.

Klikapa.com-MALANG - Kondisi kemacetan di kawasan Pasar Gadang selalu dikeluhkan warga. Adanya pedagang Pasar Gadang yang tumpah memakan hampir separuh jalan, menjadi penyebab kemacetan lalu lintas. Apalagi, terminal bayangan di traffic light perempatan Gadang juga semakin memperparah kemacetan di Pasar Induk Gadang itu. Jembatan Gadang pun dijadikan tempat parkir kendaraan.


Salah seorang Warga Jalan Kiai Parseh Jaya, Lukito menjelaskan, di jam-jam sibuk seperti pagi hari saat aak sekolah berangkat dan sore ketika warga pulang kerja kondisi kerap macet.
“Apalagi pagi hari. Berapa kali saya antar anak sekolah selalu telat gara-gara di depan itu. Macet di depan pasar” ungkap pria berkumis ini.


Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang, Kusnadi S.Sos menjelaskan, pihaknya sudah memikirkan hal tersebut. Tahun ini Dishub Kota Malang bersama OPD terkait akan melakukan tindakan terhadap kondisi tersebut.
“Jembatan Gadang akan kita fungsikan sebagaimana mestinya,” kata Kusnadi.


Hal ini dikatakannya, karena tidak difungsikannya jembatan tersebut sebagai mana mestinya, menjadi salah satu faktor penyebab kemacetan yang terjadi. Pasalnya jembatan ini seharusnya dapat membuat arus dua arah teratur. Ketika tidak difungsikan, alur pada jembatan ini tidak berjalan sebagai mana mestinya. Belum lagi terminal bayangan yang ada di lampu lalu lintas perempatan Pasar Gadang.


Faktor utama lainnya, pedagang Pasar Gadang. Seperti diketahui, Pasar Gadang masih dalam tahap revitalisasi yang mandek sampai saat ini.
“Iya soal ini saya sudah komunikasi dengan Dinas Perdagangan. Tahun ini juga mereka akan pindah ke sebelahnya. Tidak di pinggir jalan itu lagi” jelas mantan camat Lowokwaru ini.


Ditambahkannya pula, pihaknya dalam menanggulangi macet dalam jangka dekat adalah melakukan pengawasan dan penertiban kendaraan. Karena kerap di sepanjang pasar ini, banyak kendaraan parkir sembarangan.


Meski begitu Ia menegaskan jika dua skema tadi, yakni memfungsikan jembatan dan pemindahan


BERITA TERKAIT