BMKG Kabupaten Malang Imbau Nelayan Waspada Gelombang Tinggi | Berita Terbaru Hari ini

Close

BMKG Kabupaten Malang Imbau Nelayan Waspada Gelombang Tinggi

BMKG Kabupaten Malang Imbau Nelayan Waspada Gelombang Tinggi Kondisi Cuaca di Wilayah Kabupaten Malang berselimut awan tebal sejak Minggu (20/1 siang

Klikapa.com-MALANG -  Hujan disertai angin dan petir masih mewarnai wilayah Kabupaten Malang. Kondisi cuaca itu akan terjadi  hingga Selasa (22/1) mendatang. Prakirawan BMKG Karangploso, Ahmad Lutfi menguraikan, untuk hari Minggu (20/1), dari pagi hingga siang kondisi cuaca berawan. Namun sebagian wilayah seperti Kecamatan Lawang, Singosari dan wilayah selatan turun hujan dengan intensitas ringan dan sedang. Kondisi tersebut bertahan hingga malam nanti.


"Sampai nanti malam sesuai dengan data yang kami miliki tercatat untuk wilayah Kabupaten Malang kondisi cuaca berawan. Suhu udara 20 sampai dengan 30 derajat celsius, dengan kecepatan angin 19 kilometet perjam, dan tingkat kelembapan udara 80 persen. Sebagian wilayah juga mengalami hujan lokal, dengan intensitas ringan hingga sedang," katanya.


Namun demikian, kondisi cuaca itu berbeda dihari Senin (21/1). Menurut  Luthfi, akan terjadi hujan deras disertai angin kencang dan petir. Kondisi hujan tersebut akan terjadi disiang hari.
"Pagi menurut data kami kondisi cuaca cerah dan berawan. kemudian terjadi hujan deras hampir di seluruh wilayah Kabulapaten Malang," tambahnya.


Dia mengatakan, kondisi hujan deras ini juga disertai dengan angin kencang, yaitu dengan kecepatan angin rata-rata 28 kilometet perjam.
"Ini yang harus diperhatikan masyarakat. Selain hujan deras yang mengguyur, angin kencang yang terjadi juga berpotensi pohon tumbang dan tanah longsor," urainya.


Hujan deras pun akan kembali terjadi di wilayah Kabupaten Malang, Selasa (22/1) mendatang. Dimana sesuai prakiraan cuaca yang dirilis BMKG melalui website resminya bmkg.go.id, terlihat hujan lebat disertai petir terjadi mulai siang hingga malam hari. Menurut perkiraan cuaca, di hari selasa suhu udara mencapai 21-29 deracat celcius, dengan tingkat kelembapan 75-95 persen, dan kecepatan angin mencapai 9 -28 kilometer perjam.


Kondisi cuaca ekstrem ini dikatakan Lutfi, juga pengaruhi gelombang di samudera hindia. Dimana dari pantauan satelit terlihat gelombang di laut lepas wilayah


BERITA TERKAIT

close