BMKG Kabupaten Malang Imbau Nelayan Waspada Gelombang Tinggi | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

BMKG Kabupaten Malang Imbau Nelayan Waspada Gelombang Tinggi

BMKG Kabupaten Malang Imbau Nelayan Waspada Gelombang Tinggi Kondisi Cuaca di Wilayah Kabupaten Malang berselimut awan tebal sejak Minggu (20/1 siang

Kabupaten Malang itu mencapai 2-4 meter. Tingginya gelombang tersebut, Lutfi minta para nelayan untuk ekstra waspada.


"Gelombang air laut cukup tinggi, masyarakat yang ingin berwisata di pantai sebaiknya tidak berdekatan di bibir pantai. Begitu juga nelayan, agar waspada dengan gelombang tinggi," ungkapnya.


Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Malang, Endang Retnowati mengatakan, jika kondisi gelombang yang tinggi membuat banyak nelayan untuk libur melaut. Bahkan dari 3000 an nelayan binaan, yang berani dan tetap melaut tak lebih dari 50 persen. Akibatnya, produksi ikan pun mengalami penurunan.


Menurut Atik (sapaan Endang Retnowati), meski produksi ikan menurun, tapi tidak sampai krisis, dan masih dapat memenuhi kebutuhan di wilayah Malang Raya.
"Dampaknya ya produksi ikan menurun, dan imbasnya harga ikan pun naik," kata Atik.


Produksi menurun menurut Atik adalah hal biasa terjadi, di triwulan pertama. Para nelayan akan kembali melaut, umumnya pada pertengahan bulan Maret, setelah arah angin berubah.
"Biasanya nelayan yang libur melaut memanfaatkan waktunya dengan pekerjaan sampingan. Ada yang ngojek, ada yang menjadi kuli bangunan dan lainnya. Intinya mereka tak nganggur meskipun tak melaut," tandasnya.(ira)


BERITA TERKAIT