Motor Tak Standar Siap-siap Dikandangkan Polisi | Berita Terbaru Hari ini

Close

Motor Tak Standar Siap-siap Dikandangkan Polisi

  • 2019-01-21 penulis : Fino
  • dibaca :7062
Motor Tak Standar Siap-siap Dikandangkan Polisi Salah satu pemilik motor harus mengembalikan motornya sesuai standar, untuk bisa membawanya pulang.(fino)

Klikapa.com-MALANG - Punya motor dengan knalpot brong atau dengan suara keras? Hati-hati. Polres Malang Kota (Makota) kini giat melakukan operasi penertiban.

Bukan saja motor yang dirazia dengan knalpot brong itu akan ditilang. Lebih dari itu, motor disita sampai pemiliknya mengganti dengan knalpot yang tak memekakan telinga.

Menurut Kanit Tilang Satlantas Polres Makota, Aiptu Jaja’, motor yang menggunakan knalpot brong dikandang. Sampai pemiliknya merurbah sesuai standarisasi kendaraan.

“Motor yang tidak sesuai peraturan khusunya harus diganti dulu, disesuaikan dengan standar. Seperti tidak ada kaca spion, knalpot brong diganti dulu dengan yang standar,” kata Jaja’. 

Menurutnya, ini merupakan persyaratan mutlak. Semua kelengkapan kendaraan yang tidak standar harus diganti di tempat. Jika sudah sesuai dengan aturan, motor tersebut baru boleh pulang. 

Dia mengharap, sanksi tilang dan sanksi sosial ini membuat efek jera kepada pengendara yang melakukan konvoi ngetrek dan melakukan bleyer suara knalpot yang keras dan membisingkan.

“Boleh-boleh saja berkendara, tapi gunakan kendaraan dan kelengkapan dengan semestinya,” tambahnya. 

Terpisah, Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri mengatakan, razia knalpot merupakan jawaban atas laporan masyarakat pengguna jalan maupun kawasan perkampungan yang terganggu dengan knalpot brong.


Dia merinci, dasar hukum knalpot diatur dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.


Pada Pasal 285, knalpot yang layak jalan adalah satu dari sekian persyaratan teknis kendaraan yang bisa dan diperbolehkan dikemudikan di jalan. Bahkan, pelanggar pasal ini bisa dikenai penjara 1 bulan dan atau denda tilang Rp 250 ribu.(fin/lim)


BERITA TERKAIT