Hati-hati, Arus Kendaraan di Pertigaan Karanglo Dialihkan | Berita Terbaru Hari ini

Close

Hati-hati, Arus Kendaraan di Pertigaan Karanglo Dialihkan

Hati-hati, Arus Kendaraan di Pertigaan Karanglo Dialihkan Alat berat untuk pembangunan underpass di pertigaan Karanglo dioperasionalkan .

Klikapa.com-MALANG - Mulai Selasa (22/1) dini hari, arus kendaraan yang melintas di Karanglo dari arah Surabaya - Malang dialihkan. Kendaraan tak bisa lagi melintas di jalur nasional. Seluruh kendaraan yang menuju Kota Malang dialihkan ke frontage sisi timur jalan nasional.


Sedangkan untuk kendaraan yang ke arah Kota Batu, tetap menggunakan jalur nasional dengan sistem contra flow. Pengalihan arus ini dilakukan setelah dimulainya proyek pembangunan underpass di pertigaan Karanglo.


General Manager Teknik PT Jasa Marga Malang - Pandaan, M Jajuli mengatakan, pembangunan underpass ini dimulai sejak 11 Januari lalu, setelah ada rapat koordinasi dengan lintas sektoral. Pembangunan underpass ini juga ditandai dengan datangnya beberapa alat berat.
“Tahap awal pembangunan adalah pengeboran untuk memasang besi slop. Sambil menyiapkan frontage di sisi timur jalan,” kata Jajuli.


Setelah semua yang di tepi selesai, baru mengerjakan untuk pengerukan di jalan nasional. Proses pembangunan untuk proyek underpass ini sendiri targetnya empat bulan selesai. Dimana sesuai jadwal, underpass ini selesai bulan April mendatang.


Untuk pengalihan arus, dikatakan Jajuli, pihaknya sudah melakukan beragam persiapan. Yaitu dengan memasang banner, dengan tulisan jalan dialihkan. Banner-banner tersebut dipasang sejauh 200 meter sebelum frontage.
“Kami juga membuat rambu-rambu darurat yang bisa dilihat dari jauh, sehingga memberikan kemudahan bagi para pengendara jalan, yang akan menuju ke Malang langsung mengarahkan kendaraannya ke kiri. Sedangkan ke Batu mengarahkan kendaraannya ke kanan,” ungkapnya.


Frontage sendiri merupakan jalan dengan beton rigit selebar 12 meter. Sehingga meski dialihkan, kendaraan tetap leluas. Bukan itu saja, untuk pengalihan arus PT Jasa Marga Pandaan - Malang juga meminta bantuan Dishub Provinsi Jatim dan Polda Jatim.


Sementara itu, terlihat banyak pekerja menyiapkan frontage, sebagai yang menjadi rute kendaraan melintas. Mereka juga sibuk memasang rambu-rambu. Di area tepi jalan dan pintu masuk frontage.

LIHAT JUGA


BERITA TERKAIT