Angin Kencang Hantam Malang, Puluhan Pohon Tumbang, Kota Batu Terparah | Berita Terbaru Hari ini

Close

Angin Kencang Hantam Malang, Puluhan Pohon Tumbang, Kota Batu Terparah

  • 2019-01-23 penulis : febri
  • dibaca :4353
Angin Kencang Hantam Malang, Puluhan Pohon Tumbang, Kota Batu Terparah Salah satu mobil rusak akibat tertimba ranting pohon yang tumbang di Kota Batu.(febri)

Klikapa.com-MALANG - Kota Malang dan sekitarnya dihempas angin kencang, monsun, sejak Selasa (22/1) malam hingga Rabu (23/1) pagi. Sejumlah kawasan di Malang Raya porak poranda.

Dikabarkan, pascaangin kencang itu tercatat 11 pohon dan sejumlah media reklame ambruk. Tak ada korban jiwa, namun mengganggu aktivitas warga lantaran aliran listrik padam yang juga berdampak pada aliran air PDAM. 

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang Dr Handi Prayitno menjelaskan,  pihaknya mendapatkan laporan dari 10 kelurahan yang mengalami kejadian pohon tumbang.

“Pohon tumbang terjadi di Kelurahan Merjosari, Balearjosari, Pisangcandi, Mojolangu, Samaan, Sawojajar, Bunulrejo, Pandanwangi, Madyopuro, Blimbing hingga Purwodadi,” katanya.

Pohon yang tumbang pun beragam jenis dan ukuran. Mulai dari berdiameter 15 cm sampai 50 cm. Jenisnya Pohon Sengon Laut, Pohon Kecrutan, Pohon Ceri, Pohon Lamtoro, Pohon Kenari, Pohon Akasia hingga Pohon Waru.  

BPBD Kota Malang disebutkan masih melakukan assessment sehingga belum bisa memperkirakan jumlah kerugiannya.

 
Sementara di Kota Batu dilaporkan sedikitnya ada pohon tumbang di 61 Lokasi dan ada tiga unit mobil tertimpa. Ketrugian yang diakibatkan sekitar  Rp 300 juta. 

61 peristiwa itu meliputi pohon tumbang, tiang listrik ambruk, rumah warga rusak sedang, mobil rusak tertimpa pohon hingga tempat wisata yang harus buka siang hari. 

Kasi Kedaruratan dan Logistik, BPBD Kota Batu, M Rochim mengatakan dampak yang diakibatkan angin kencang tersebar merata di Kota Batu. Di antaranya tiang listrik roboh di Desa Tlekung dan putusnya kabel listrik akibat tertimpa pohon tumbang.

"Untuk saat ini jaringan listrik yang terputus masih dalam proses perbaikan. Beberapa di antaranya sudah menyala dan lainnya masih dalam proses perbaikan," ujar Rochim, Rabu (23/1). 

Ia menguraikan beberapa desa dan kelurahan yang aliran listriknya terganggu yakni di Desa Giripurno, Bumiaji, Tlekung, Oro-Oro Ombo, Sisir, Temas, dan Pesanggrahan.  


Rochim menjelaskan, Tim BPBD Kota Batu bersama Dinas Penanggulangan


BERITA TERKAIT