Jembatan di Pagak Kabupaten Malang Terputus, Ribuan Warga Terdampak | Berita Terbaru Hari ini

Close

Jembatan di Pagak Kabupaten Malang Terputus, Ribuan Warga Terdampak

  • 2019-01-24
  • Editor :goly
  • dibaca :5571
Jembatan di Pagak Kabupaten Malang Terputus, Ribuan Warga Terdampak Jembatan di Pagak Kabupaten Malang Terputus

Klikapa.com-MALANG - Akibat diguyur hujan selama beberapa hari , jembatan yang menghubungkan desa Tlogosari, Kecamatan Donomulyo dengan Desa Sumbermanjingkulon, Kecamatan Pagak Kabupaten Malang ambrol, sehingga akses jalan yang menghubungkan kedua desa tersebut terputus, sehingga ribuan warga terdampak.


Kepala Desa Sumbermanjingkulon, Kecamatan Pagak, Karyuti menjelaskan, pada Rabu, (23/01/2019) malam sekira pukul 21.30 wib menerima laporan dari warga adanya jembatan yang longsor ke bawah hingga kedalaman 15 meter, sehingga hanyut terbawa arus air sungai di RT 20 desa setempat.
"Tadi malam jam setengah 10 itu ada laporan, bahwa jembatan di RT 20 penghubung ke RT 12 dan desa Tlogosari putus diterjang arus sungai," ungkap Karyuti, usai melihat lokasi jembatan yang putus, Kamis,(24/01/2019).


Menurutnya, hujan deras mengguyur wilayah desa Sumbermanjingkulon sejak hari Senin,(21/01/2019) lalu hingga Rabu, (23/01/2019) malam menyebabkan jembatan terputus, karena bagian bawah jembatan tergerus arus aliran sungai. Ketinggian jembatan 15 meter dari permukaan air sungai.


Sehingga, saat ini akses jalan yang menghubungkan RT 20 ke RT 12 hingga ke Desa Tlogosari terputus. Kata Karyuti, kini warga RT 12 menuju ke RT 20 harus memutar dengan menempuh jarak lebih dari 5 Kilometer.  Ada sekitar 8 ribu warga di desa Sumbermanjingkulon yang terdampak. Terutama warga yang bermukim di empat RT di desa itu.
"Jembatan di RT 20 ini penghubung ke RT 12 juga menghubungkan ke Desa Tlogosari, sekarang putus, ambrol ke bawah dengan ketinggian 15 meter," bebernya.


Ia berharap Pemerintah Kabupaten Malang segera melakukan perbaikan jembatan itu, karena dimanfaatkan warga untuk akses dari RT 20 ke RT 12 hingga ke desa Tlogosari. Terlebih jembatan tersebut digunakan anak-anak sebagai akses menuju ke sekolah di desa setempat.
"Harapan kami, segera dibangun, karena musim hujan, kalau lewat memutar terlalu jauh, kasihan warga dan anak sekolah telat


BERITA TERKAIT