Beli Ponsel Pakai Pembayaran m-Banking Ternyata Penipu | Berita Terbaru Hari ini

Close

Beli Ponsel Pakai Pembayaran m-Banking Ternyata Penipu

  • 2019-01-25 penulis : Amanda Egatya
  • Editor :junaedi
  • dibaca :4814
Beli Ponsel Pakai Pembayaran m-Banking Ternyata Penipu Pelaku penipuan dengan modus pembelian ponsel lewat transaksi m-banking palsu.

Klikapa.com-MALANG - Seorang penipu dengan modus membeli Hand Phone dengan sistem pembayaran mobile banking ditangkap polisi. Ia adalah MS, 23, warga Jalan Permadi, Kota Malang.


Menurut Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri, tersangka melakukan penipuan untuk pembelian ponsel dengan pembayaran menggunakan mobile banking (m-banking) palsu. 

"Mulanya, tersangka diminta kakaknya yang ada di dalam Lapas Lowokwaru untuk melakukan pembelian dua unit ponsel. Korban diiming-imingi imbalan Rp 1 juta oleh kakaknya," katanya saat merilis kasus ini, Jumat (25/1).

Saat itu, tersangka menghubungi penjual ponsel. Kemudian, keduanya berjanji untuk bertemu di areal Stadion Gajayana. 

"Kemudian, bertemu penjual, tersangka menunjukkan bukti transfer melalui m-banking palsu yang telah diberikan oleh kakaknya. Setelah itu, korban menyerahkan ponsel kepada tersangka," tutur Asfuri.

Namun setelah korban mengecek rekeningnya, ternyata tidak ada transfer sebagai pembayaran dari tersangka. Merasa tertipu, korban melaporkan ke Polres Malang Kota. 

Dari laporan ini, lanjut Asfuri, polisi memancing korban dengan berpura-pura menjadi penjual ponsel. 

Saat itulah tersangka muncul dan dan petugas segera menangkapnya.

Asfuri menjelaskan, tersangka melakukan modus seperti itu sudah dua kali. "Yang pertama berhasil dan dilakukan oleh kakaknya. Yang kedua digagalkan oleh polisi, saat itu, tersangka sendiri yang melakukan (transaksi m-banking palsu)," kata Asfuri.

Atas perbuatannya, MS harus mempertanggungjawabkan perbuatannya dengan meringkuk di balik jeruji besi. "Tersangka kami ancam Pasal 378 juncto pasal 55 dengan ancaman hukuman lima tahun penjara," tandas dia.(tea/lim)


BERITA TERKAIT