Borong HP dari Sejumlah Toko Ponsel Ternyata Modus Penipuan | Berita Terbaru Hari ini

Close

Borong HP dari Sejumlah Toko Ponsel Ternyata Modus Penipuan

  • 2019-01-25 penulis : Amanda Egatya
  • Editor :junaedi
  • dibaca :4844
Borong HP dari Sejumlah Toko Ponsel Ternyata Modus Penipuan Tersangka Dwi Rohanita Estu Mahanani yang harus mempertanggung-jawabkan perbuatannya.(firman)

MALANG - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Malang Kota (Makota) berhasil mengamankan Dwi Rohanita Estu Mahanani, 32. Warga Jalan Karimun Jawa, Kota Malang ini disangka telah menipuan sejumlah toko ponsel hingga meraup keuntungan Rp108 juta.

Kapolres Malang Kota AKBP Asfuri mengatakan, tersangka ini karyawan salah satu toko ponsel di Jalan Borobudur Kota Malang. Namun, ia melakukan penipuan terhadap toko-toko ponsel yang lain. 


"Tersangka mememesan ponsel dalam jumlah yang banyak ke toko lain. Alasannya, ada satu instansi yang melakukan pemesanan posel," terang Asfuri kepada wartawan, Jumat (25/1).


Setelahnya, tersangka meminta waktu pembayaran kepada korban sekitar tiga hingga empat hari. "Namun, setelah ditagih, tersangka tidak mampu membayar. Terakhir, Polres Malang Kota menerima laporan dari dua korbannya," terangnya.


Menurutnya, ada beberapa pemilik toko ponsel yang sudah familiar dengan tersangka. Sehingga polisi dengan cepat bisa menangkapnya.


Saat diperiksa, tersangka mengaku telah melakukan penipuan dengan total 38 unit ponsel. 


"Sebanyak 33 ponsel merek Oppo, 3 ponsel merek Vivo dan 2 ponsel merek Samsung. Totalnya sekitar Rp 108 juta," papar dia.


Sejauh ini, ponsel tersebut dijual kepada orang lain dengan harga di bawah harga pasar. 


"Hasil penjualannya digunakan untuk kebutuhan pribadi dan juga menutup kekurangan dia membeli ponsel dengan jumlah banyak tadi," papar dia.


Atas perbuatannya itu  tersangka disangkakan dengan pasal 379 a KUHP yang ancaman hukuman empat tahun penjara.(tea/lim)
 


BERITA TERKAIT