104 Panglima Tinggi TNI Dimutasi, Termasuk Danjen Kopassus, Pangdam Jaya dan Brawijaya | Berita Terbaru Hari ini

Close

104 Panglima Tinggi TNI Dimutasi, Termasuk Danjen Kopassus, Pangdam Jaya dan Brawijaya

  • 2019-01-26 penulis : junaedi
  • dibaca :2437
104 Panglima Tinggi TNI Dimutasi, Termasuk Danjen Kopassus, Pangdam Jaya dan Brawijaya Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto segera melakukan mutasi terhadap 104 Pati di Lingkungan TNI.(dok.tempo.co)

Klikapa.com-JAKARTA - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto kembali melakukan mutasi kepada 104 perwira tinggi di lingkungan TNI AD, TNI AL, dan TNI AU. Beberapa personel yang bergeser posisinya itu termasuk Danjen Kopassus hingga Pangdam Jaya dan Brawijaya.

Total yang akan dimutasi ada 104 Panglima Tinggi (Pati) TNI. Mereka tercantum dalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/81/I/2019, tanggal 25 Januari 2019 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

Dari jumlah 104 pati yang dimutasi itu terinci 46 pati jajaran TNI AD, 30 pati jajaran TNI AL dan 28 pati jajaran TNI AU.

Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Sus Taibur Rahman mengatakan mutasi itu dilakukan untuk mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis di tingkat Pati TNI.

"Dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier perwira tinggi, guna mengoptimalkan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis," kata dia dalam keterangan tertulis yang diterima sejumlah medua, Sabtu (26/1).

Dari deretan pati yang akan dimutasi itu di antaranya adalah Mayjen Eko Margiyono yang sebelumnya menjabat sebagai Danjen Kopassus akan menduduki pos barunya menjadi Pangdam Jaya. 

Posisi Eko lantas digantikan oleh Mayjen Nyoman Cantiasa yang sebelumnya menjabat sebagai Pa Sahli Tk.III Bid. Polkamnas Panglima TNI. 

Mayjen Joni Supriyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Pangdam Jaya dimutasi menjadi Kepala Staf Umum TNI.

Marsdya Hadiyan Sumintaatmadja yang menjabat sebagai Sekjen Kemhan dimutasi menjadi pati Mabes TNI AU dalam rangka pensiun. Posisi Sekjen Kemenhan digantikan Laksda TNI Agus Setiadji yang sebelumnya menjabat Kabaranahan Kemhan.

Letjen M Thamrin Marzuki yang sebelumnya menjabat Irjen Kemenhan dimutasi menjadi pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun. Posisinya  digantikan oleh Laksda  Didit Herdiawan yang sebelumnya menjabat sebagai Kasum TNI.

Panglima TNI juga mengangkat Marsdya Bagus Puruhito sebagai Kabasarnas atau Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP). Bagus menggantikan posisi Marsdya


BERITA TERKAIT