Muncul Poros Mekah, Yusril Sebutkan Arah Dukungan Resmi PBB | Berita Terbaru Hari ini

Close

Muncul Poros Mekah, Yusril Sebutkan Arah Dukungan Resmi PBB

  • 2019-01-27 penulis : junaedi
  • dibaca :33464
Muncul Poros Mekah, Yusril Sebutkan Arah Dukungan Resmi PBB Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra .(dok.cnn-indonesia)

Klikapa.com-JAKARTA - Pakar Hukum tata negara yang juga  Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra mengklaim tidak ada Poros Mekah yang didukung ijtima ulama sebagai arah politik PBB pada Pemilu 2019.

"Poros Mekah juga enggak ada. Caleg PBB pada semua tingkatan itu disahkan oleh DPP, DPW dan DPC PBB sesuai tingkatannya. Jadi tidak ada caleg PBB Poros Mekah dan lain-lain," kata Yusril melalui pesan singkatnya, Sabtu 26 Januari 2019.

Sebelumnyam Ketua Majelis Syuro Partai Bulan Bintang (PBB) MS Kaban mendeklarasikan lembaganya telah memutuskan mendukung pasangan calon presiden sesuai ijtima ulama yang mendukung pasangan calon nomor urut 02 Prabowo-Sandi di Pemilu 2019.

Mantan Menteri Kehutanan ini mengklaim keputusan itu berdasarkan aspirasi kader, simpatisan hingga para caleg PBB di seluruh Indonesia. 

Menurut Yusril,  Poros Mekah yang dideklarasikan  dan dihadiri 80 caleg dan pengurus partai hanya bersifat personal. 

"Kegiatan tersebut adalah kegiatan pribadi yang tidak ada hubungannya dengan PBB sebagai sebuah institusi partai," ujarnya.

Atas dasar itu ia tak mempermasalahkan keputusan majelis syuro dan Poros Mekah yang menyatakan arah PBB mendukung capres sesuai hasil ijtima ulama (Parabowo-Sandi) di Pemilu 2019.

"PBB secara resmi dan organisatoris memberikan dukungan kepada Jokowi-Ma'ruf Amin. Kalaupun ada pribadi-pribadi anggota yang berbeda pandangan, sebagai partai demokratis, PBB menghormati perbedaan pandangan itu. Namun ekspresi atas perbedaan itu wajib dilakukan atas nama pribadi masing-masing dan tidak melibatkan institusi partai," paparnya.

Baginya sikap pribadi harus dibedakan dengan sikap partai. "Dengan demikian, keutuhan PBB sebagai partai akan tetap terjaga dengan menjunjung tinggi kemajemukan dan prinsip saling menghormati," jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Majelis Syuro PBBMS Kaban mendeklarasikan Poros Mekah, dan memastikan dukungannya kepada capres sesuai ijtima ulama di Pemilu 2019. "Kita membulatkan tekad deklarasi Poros Mekah," kata Kaban di Gedung DII, Jakarta.

Mantan Menteri Kehutanan itu menambahkan keputusan majelis syuro mendukung capres cawapres


BERITA TERKAIT