Ditutup Besok, Banyak Pendaftar SNMPTN belum Finalisasi | Berita Terbaru Hari ini

Close

Ditutup Besok, Banyak Pendaftar SNMPTN belum Finalisasi

Ditutup Besok, Banyak Pendaftar SNMPTN belum Finalisasi ilustrasi pendaftaran SNMPTN

MALANG- Pendaftaran masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) SNMPTN ditutup Kamis (14/2) besok. Namun masih banyak siswa kelas XII yang belum menyelesaikan pendaftaran hingga tahap finalisasi.

Hal ini terlihat dari data Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) per 11 Februari 2019 pukul 22.25 WIB. Berdasarkan data yang diperoleh, total pendaftar  sebanyak 283.023 siswa. Namun yang telah selesai mendaftar hingga tahap finalisasi baru 210.841 siswa. Artinya masih ada 72.123 siswa yang belum menyelesaikan pendaftaran hingga final. 

Kelulusan SMA tahun ini diperkirakan mencapai 2.330.420 siswa. Sementara yang memenuhi syarat ke SNMPTN hanya 778.740 peserta didik.

Di Kota Malang terdapat tiga PTN. Yakni Universitas Brawijaya (UB), Universitas Negeri Malang (UM)  dan Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang.

Wakil Rektor UM, Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto,  mengatakan, hingga per tanggal 11 Februari 2019 jumlah siswa yang melakukan pendaftaran SNMPTN di UM mencapai 7.528 peserta didik. Peminat tertinggi ada di Prodi Manajemen dengan jumlah pendaftar sebanyak 610 orang.

“Dari dulu sampai sekarang Prodi Manajemen UM sangat diminati terutama mereka yang ingin berkarir di perbankan, manufaktur atau jasa serta berwirausaha atau perusahaan lainnya,” jelas Budi.

Program studi yang juga dimiati Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dengan pendaftar SNMPTN mencapai 490 siswa. Kemudian disusul  Akuntansi dengan peminat 405 peserta.

Pendaftar di tiga prodi ini bersaing ketat untuk bisa diterima melalui jalur SNMPTN di UM. Lantaran daya tampung cukup terbatas. Rinciannya prodi Manajemen daya tampung hanya 56 mahasiswa. PGSD 70 mahasiswa dan Akuntansi hanya 40 mahasiswa.

“Prodi PGSD peminatnya masih tinggi dengan pendaftar dari tahun ke tahun relatif stabil,” papar Budi.
 


BERITA TERKAIT